Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Nilai Kearifan Lokal Desa Pancasila Untuk Menumbuhkembangkan Sikap Demokratis Siswa Di SMP Negeri I Turi Kabupaten Lamongan.

P, OCTAVIAN HENDRA (2017) Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Nilai Kearifan Lokal Desa Pancasila Untuk Menumbuhkembangkan Sikap Demokratis Siswa Di SMP Negeri I Turi Kabupaten Lamongan. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (426Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Octavian Hendra P., S861402031. 2015. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Nilai Kearifan Lokal Desa Pancasila Untuk Menumbuhkembangkan Sikap Demokratis Siswa Di SMP Negeri I Turi Kabupaten Lamongan. Tesis. Pembimbing I: Prof. Dr. Muhammad Akhyar, M.Pd., Pembimbing II: Prof. Dr. Warto, M. Hum. Program Studi Magister Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran IPS yang selama ini diterapkan di SMP Negeri I Turi; (2) mendeskripsikan model pembelajaran IPS Berbasis Nilai Kearifan Lokal Desa Pancasila; (3) mengembangkan model pembelajaran IPS Berbasis Nilai Kearifan Lokal Desa Pancasila sehingga dapat menumbuhkembangkan sikap demokratis bagi siswa SMP Negeri I Turi. Metode penelitian pengembangan (Research and Development) digunakan dalam penelitian ini untuk menghasilkan model pembelajaran. Metode tersebut mencakup tiga tahap, yaitu: (1) tahap studi pendahuluan, yakni studi literatur dan studi lapangan; (2) tahap studi pengembangan, meliputi analisis materi sesuai dengan Kurikulum 2013, desain produk awal (prototype) pengembangan model pembelajaran IPS berbasis nilai kearifan lokal; dan (3) tahap evaluasi, untuk menguji keefektivan model pembelajaran IPS berbasis nilai kearifan lokal Desa Pancasila. Hasil yang diperoleh: (1) pelaksanaan pembelajaran IPS yang diterapkan guru, yaitu; a) kegiatan belajar mengajar yang berlangsung satu arah, b) kurangnya minat membaca pada masing-masing siswa, c) penggunaan fasilitas pembelajaran yang belum optimal, d) materi kurang kontekstual dengan kehidupan sehari-hari, dan e) kegiatan belajar mengajar kurang mengaktivkan siswa. (2) Prosedur yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall. (3) Berdasarkan analisis yang menggunakan dua kelompok kelas yaitu eksperimen dan kontrol, diperoleh nilai thitung > ttabel (2,527 > 1,711), yang menunjukkan bahwa tingkat kesadaran demokratis siswa kelompok eksperimen lebih tinggi dari siswa kelompok kontrol. Berarti dapat disimpulkan model pembelajaran berbasis nilai kearifan lokal Desa Pancasila Lamongan yang dikembangkan efektif untuk menumbuhkembangkan sikap demokratis siswa. Kata Kunci : Pengembangan, Model Pembelajaran, Nilai Kearifan Lokal, Sikap Demokratis

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 27 Mar 2017 14:41
    Last Modified: 27 Mar 2017 14:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32640

    Actions (login required)

    View Item