UPAYA PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MIND MAPPING PADA MATERI TERMOKIMIA SISWA KELAS XI MIPA 3 SMA NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017

ULFA, ULYA (2017) UPAYA PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MIND MAPPING PADA MATERI TERMOKIMIA SISWA KELAS XI MIPA 3 SMA NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2535Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan: (1) rasa percaya diri pada materi termokimia dengan menggunakan model pembelajaran NHT berbantuan mind mapping; dan (2) prestasi belajar siswa pada materi termokimia dengan menggunakan model pembelajaran NHT berbantuan mind mapping. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017 yang telah menerapkan Kurikulum 2013. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tes untuk kompetensi pengetahuan. Untuk pengumpulan data aspek sikap dan rasa percaya diri menggunakan triangulasi data yang terdiri dari observasi, angket penilaian diri, dan penilaian teman sebaya. Sedangkan pengumpulan data untuk aspek keterampilan melalui observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran NHT berbantuan mind mapping dapat meningkatkan: (1) rasa percaya diri pada materi termokimia yang dibuktikan dengan hasil penelitian baik pada siklus I maupun siklus II yang menunjukkan angka ketercapaian sebesar 100%. Hasil tersebut terbagi menjadi 2 kategori yaitu sebesar 74,36% siswa dengan rasa percaya diri tinggi, 25,64% siswa dengan rasa percaya diri sedang, dan tidak ada siswa yang memiliki rasa percaya diri rendah; (2) prestasi belajar siswa pada materi termokimia yang dapat dillihat dari ketuntasan aspek pengetahuan siklus I yang mulanya 46,15% meningkat menjadi 84,62 % pada siklus II. Untuk aspek sikap, pada siklus I sebesar 89,16% dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 93,19%. Sedangkan ketuntasan untuk aspek keterampilan yaitu sebesar 90,08%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 27 Mar 2017 14:41
    Last Modified: 27 Mar 2017 14:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32639

    Actions (login required)

    View Item