ALASAN PENGAJUAN BANDING DAN PERTIMBANGAN HUKUM HAKIM MENERIMA DENGAN MENJATUHKAN PUTUSAN LEPAS DARI SEGALA TUNTUTAN HUKUM TERDAKWA DALAM PERKARA PENIPUAN (STUDI PUTUSAN PENGADILAN TINGGI DENPASAR NOMOR 24/PID/2015/PT.DPS)

S, SYARIFAH DEWI I (2017) ALASAN PENGAJUAN BANDING DAN PERTIMBANGAN HUKUM HAKIM MENERIMA DENGAN MENJATUHKAN PUTUSAN LEPAS DARI SEGALA TUNTUTAN HUKUM TERDAKWA DALAM PERKARA PENIPUAN (STUDI PUTUSAN PENGADILAN TINGGI DENPASAR NOMOR 24/PID/2015/PT.DPS). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (858Kb)

    Abstract

    SYARIFAH DEWI INDAWATI. S, E0012373. 2016: ALASAN PENGAJUAN BANDING DAN PERTIMBANGAN HUKUM HAKIM MENERIMA DENGAN MENJATUHKAN PUTUSAN LEPAS DARI SEGALA TUNTUTAN HUKUM TERDAKWA DALAM PERKARA PENIPUAN (STUDI PUTUSAN PENGADILAN TINGGI DENPASAR NOMOR 24/PID/2015.PT.DPS). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mempreskripsikankesesuaian alasan pengajuan banding terdakwa dengan ketentuan kuhap dan untuk mengetahui kesesuaian pertimbangan hakim pengadilan tinggi denpasar dalam melepaskan terdakwa dari segala tuntutan hukum dalam perkara penipuan dengan ketentuan KUHAP. Penelitian ini membahas mengenai Pengadilan Tinggi Denpasar menerima permintaan banding terdakwa dengan menjatuhkan putusan lepas dari segala tuntutan hukum dengan alasan bahwa perbuatan yang dilakukan oleh terdakwa tersebut merupakan pelanggaran terhadap perjanjian yang dibuat oleh terdakwa dan melanggar hukum privat, walaupun terdakwa terbukti melakukan perbuatan seperti yang didakwakan namun perbuatan itu bukan merupakan suatu tindak pidana melainkan perbuatan yang masuk ranah hukum perdata maka atas dasar pertimbangan tersebut terdakwa harus dilepaskan dari segala tuntutan (onslag van recht vervilging ). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian normative atau penelitian hukum kepustakaan. Penelitian normative atau penelitian hukum kepustakaan yaitu penelitian hukum yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka atau sumber penelitian sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier dan dengan menggunakan pendekatan-pendekatan kasus (case approach) dimana penelitian ini melakukan telaah terhadap kasus yang menjadi bahan penelitian yaitu Putusan No 24/Pid/2015.PT.DPS. Hasil dari penelitian ini yang didasarkan pada saksi dan bukti-bukti yang ada penuntut melakukan tuntutan terhadap terdakwa sesuai fakta-fakta hukum yang ada pada dasarnya telah terbukti. Pengadilan Negeri Denpasar menjatuhkan pidana kepada terdakwa dengan pidana penjara 1 (satu) tahun penjara. Terhadap Putusan Pengadilan Negeri Denpasar tersebut terdakwa I Wayan Sunarta mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Denpasar yang akhirnya Pengadilan Tinggi Denpasar menerima permintaan banding terdakwa dan menjatuhkan putusan lepas dari segala tuntutan hokum kepada terdakwa. Kata Kunci: Penipuan, Banding, Putusan Lepas Dari Segala Tuntutan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 27 Mar 2017 12:46
    Last Modified: 27 Mar 2017 12:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32634

    Actions (login required)

    View Item