ANALISIS DAYA DUKUNG LINGKUNGAN BERDASARKAN TEKANAN PENDUDUK TERHADAP TINGKAT KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KECAMATAN SELO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2016 (Implementasi Pengayaan Materi Pembelajaran Geografi Pada Kelas XI Semester I Kurikulum 2013 Pada Kompetensi Dasar Menganalisis Dinamika dan Masalah Kependudukan)

Mutiarasari, Rintomi Esa (2017) ANALISIS DAYA DUKUNG LINGKUNGAN BERDASARKAN TEKANAN PENDUDUK TERHADAP TINGKAT KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KECAMATAN SELO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2016 (Implementasi Pengayaan Materi Pembelajaran Geografi Pada Kelas XI Semester I Kurikulum 2013 Pada Kompetensi Dasar Menganalisis Dinamika dan Masalah Kependudukan). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (706Kb)

    Abstract

    Rintomi Esa Mutiarasari (K5412064). Analisis Daya Dukung Lingkungan Berdasarkan Tekanan Penduduk Terhadap Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali Tahun 2016. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret, Januari 2017. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui daya dukung lingkungan berdasarkan tekanan penduduk di Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali tahun 2016 (2) Mengetahui tingkat kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali tahun 2016 (3) Mengetahui hubungan daya dukung lingkungan terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali tahun 2016. Penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh seluruh kepala keluarga di Kecamatan Selo. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel wilayah. Sampel wilayah digunakan untuk mengambil data tentang tingkat kesejahteraan sosial masyarakat di wilayah administrasi Kecamatan Selo. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan analisis dokumen dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus dari Soemarwoto model I untuk menghitung tekanan penduduk dan daya dukung lingkungan, sedangkan untuk mengetahui tingkat kesejahteraan masyarakat dilakukan dengan mencocokkan kondisi di lapangan dengan indikator kesejahteraan masyarakat dari BKKBN. Hasil penelitian ini adalah (1) Daya dukung lingkungan berdasarkan tekanan penduduk di Kecamatan Selo diklasifikasikan menjadi dua kelas, yaitu rendah dan tinggi (2) Tingkat kesejahteraan masyarakat Kecamatan Selo termasuk rendah dikarenakan mayoritas masyarakat berada pada tahapan keluarga sejahtera I (KS I). (3) Terdapat hubungan berbanding lurus antara daya dukung lingkungan berdasarkan tekanan penduduk terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Selo. Kata kunci : tekanan penduduk, daya dukung lingkungan, tingkat kesejahteraan masyarakat.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 27 Mar 2017 12:29
    Last Modified: 27 Mar 2017 12:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32626

    Actions (login required)

    View Item