Pencapaian Kompetensi Kelompok Mahasiswa tentang Kedokteran Komunitas dengan Analisis Kongruensi Faculty Learning Objective (FLO) dan Achieved Learning Outcome (ALO) Diskusi Tutorial

P, HENRY ALDEZZIA (2017) Pencapaian Kompetensi Kelompok Mahasiswa tentang Kedokteran Komunitas dengan Analisis Kongruensi Faculty Learning Objective (FLO) dan Achieved Learning Outcome (ALO) Diskusi Tutorial. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (256Kb)

    Abstract

    Latar belakang: Tingginya angka remidiasi pada Blok Kedokteran Komunitas masih terjadi di Program Studi Kedokteran UNS, yang memiliki visi misi menghasilkan lulusan yang berorientasi komunitas. Pada blok tersebut, dilakukan kegiatan pembelajaran berupa diskusi tutorial, kuliah penunjang, skills lab, dan field lab. Diskusi tutorial dapat dianggap sebagai core dalam model Problem Based Learning (PBL). Pada diskusi tutorial, mahasiswa akan mencari sendiri tujuan pembelajaran, yang disebut sebagai Achieved Learning Outcome (ALO), sedangkan pihak fakultas merancang Faculty Learning Objective (FLO) yang diharapkan dicapai mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi pencapaian kompetensi kedokteran komunitas pada proses tutorial dengan analisis kongruensi FLO dan ALO. Metode penelitian: Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta pada September-November 2016. Penelitian ini menggunakan total sampling pada laporan tutorial skenario II Blok Kedokteran Komunitas, sebanyak 20 laporan. Metode pengumpulan data melalui Examining records (pemeriksaan dokumen). Analisis data dilakukan melalui discourse analysis. Hasil penelitian: Kongruensi FLO dan ALO variatif pada masing-masing FLO. Dua FLO dapat dicapai 100% oleh kelompok tutorial, sedangkan pada FLO lain ada kelompok dengan ALO hanya partial met dengan FLO. Terdapat 1 FLO yang mayoritas tidak tercapai. ALO mengenai dokter keluarga muncul pada 12 laporan yang sebenarnya tidak tercantum dalam FLO. Faktor skenario, dengan tidak mampunya keyword/trigger dalam memunculkan FLO, di samping faktor tutor dan mahasiswa diasumsikan mempengaruhi variasi pencapaian tersebut. Simpulan penelitian: Pencapaian FLO bervariasi pada masing-masing FLO, dengan juga ditemukan adanya ALO yang tidak kongruen dengan FLO pada mayoritas kelompok tutorial. Penelitian lanjutan mengenai faktor yang berpengaruh terhadap pencapaian FLO maupun aspek pembelajaran lain pada blok perlu dilakukan guna mengetahui pencapaian kompetensi. Evaluasi perlu senantiasa dilakukan baik pada sisi skenario, tutor, dan mahasiswa guna pencapaian tujuan pembelajaran tutorial.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Pendidikan Kedokteran
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 27 Mar 2017 12:13
    Last Modified: 27 Mar 2017 12:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32617

    Actions (login required)

    View Item