PENGARUH METODE EDUTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA ANAK TUNANETRA KELAS VIII DI SLB A YKAB SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

DARONI, GANGSAR ALI (2017) PENGARUH METODE EDUTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA ANAK TUNANETRA KELAS VIII DI SLB A YKAB SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (224Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Gangsar Ali Daroni, PENGARUH METODE EDUTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA ANAK TUNANETRA KELAS VIII DI SLB A YKAB SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Desember 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode Edutainment untuk meningkatkan prestasi belajar IPA pada anak tunanetra kelas VIII di SLB A YKAB Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 4 orang siswa tunanetra kelas VIII di SLB A YKAB Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017 yang ditentukan menggunakan teknik Sampling jenuh.. Teknik pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda. Uji validitas instrumen menggunakan uji validitas isi yang dilanjutkan dengan menguji cobakan instrumen satu kali. Hasil uji coba kemudian di analisis menggunakan product moment dari Kearl Pearson dengan bantuan SPSS 23. Hasil analisis menunjukkan bahwa 24 soal dinyatakan valid. Uji reliabilitas instrumen menggunakan teknik belah dua (split half) yang dianalisis menggunakan rumus spearman-brown dengan bantuan spss 23. Hasil analisis yang diperoleh adalah 0, 953 sedangkan r tabel product moment sebesar 0,404 sehingga dapat disimpulkan instrument penelitian reliabel sebagai alat pengumpul data. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan teknik non parametrik yaitu analisis tes rangking bertanda ( Wilcoxon Sign Rank Test). Nilai hasil tes IPA siswa tunanetra kelas VIII di SLB A YKAB Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017 mengalami peningkatan. Pada pretes, nilai rata-rata sebesar 5,42, setelah diberikan perlakuan nilai rata-rata posttest menjadi 7, 92. Pada analisis data dengan menggunakan analisis wilcoxon sign rank test dengan menggunakan aplikasi olah data SPSS versi 23 menunjukkan nilai Asymp Sig (2-tailed) sebesar 0,046 yang berada dibawah taraf signifikansi (α) yang ditentukan yaitu 0,05 (5%). Dalam penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa metode edutainment berpengaruh untuk meningkatkan prestasi belajar IPA anak tunanetra kelas VIII di SLB A YKAB Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Kata kunci: Pengaruh, Metode edutainment, Siswa tunanetra, Prestasi belajar IPA.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LC Special aspects of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 27 Mar 2017 12:09
    Last Modified: 29 Mar 2017 13:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32615

    Actions (login required)

    View Item