PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS WEB YANG DILENGKAPI MULTIMEDIA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI PROGRAM LINEAR DI SMK NUSANTARA BATANG TAHUN AJARAN 2015/2016

BARR, FARAH DZIL (2017) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS WEB YANG DILENGKAPI MULTIMEDIA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI PROGRAM LINEAR DI SMK NUSANTARA BATANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1134Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan : 1) Mengetahui hasil pengembangan modul matematika berbasis web dengan pendekatan problem solving yang dilengkapi dengan multimedia yang valid, praktis, dan efektif; 2) Mengetahui apakah pembelajaran dengan modul matematika berbasis web dengan pendekatan problem solving yang dilengkapi dengan multimedia pada materi program linear lebih efektif untuk meningkatkan prestasi siswa daripada pembelajaran dengan menggunakan modul yang ada di sekolah. Penelitian pengembangan modul matematika ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang dimodifikasi oleh Sukmadinata. Langkah-langkah pengembangan Borg dan Gall terdiri dari sepuluh langkah yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan draft produk, (3) uji coba lapangan awal, (4) revisi, (5) uji coba lapangan, (6) penyempurnaan produk, (7) uji pelaksanaan lapangan, (8) penyempurnaan produk akhir, (9) diseminasi, dan (10) implementasi. Sukmadinata memodifikasi langkah-langkah tersebut menjadi tiga tahap yaitu: (1) tahap studi pendahuluan, (2) tahap pengembangan, dan (3) tahap pengujian produk. Hasil Penelitian disimpulkan bahwa: 1) Pengembangan modul matematika berbasis web yang dilengkapi multimedia dengan pendekatan problem solving pada materi program linear di SMK Nusantara Batang tahun ajaran 2015/2016 dirancang mengacu pada model penelitian dan pengembangan (research and development). Hasil penilaian ahli materi dan pembelajaran yaitu 3,57 dengan kualifikasi “sangat baik”. Penilaian ahli media yaitu 3,28 dengan kualifkasi “baik”. Tindak lanjut saran dari ahli adalah perbaikkan produk modul sampai dinyatakan valid oleh ahli dan dilanjutkan pada uji terbatas. Selanjutnya modul diujicoba terbatas terhadap 10 orang siswa dan direvisi sebelum dilakukan uji coba pemakaian. Berdasarkan uji coba pemakaian diperoleh kepraktisan modul dengan presentase keterlaksanaan pembelajaran setiap pertemuan 87%, 95%, 87%, 88%, 93%, dan 90%. Keefektifan modul dilihat dari hasil persentase siswa yang memberikan respon minimal baik pada setiap pertemuan. Persentase tersebut berturut-turut 75%, 75%, 75%, 75%, 75%, dan 100%. Dengan demikian hasil pengembangan modul matematika berbasis web yang dilengkapi multimedia dengan pendekatan problem solving pada materi program linear di SMK Nusantara Batang tahun ajaran 2015/2016 sudah memenuhi kualitas pengembangan valid, praktis dan efektif; 2) Pembelajaran modul matematika berbasis web yang dilengkapi multimedia dengan pendekatan problem solving pada materi program linear lebih efektif meningkatkan prestasi belajar matematika daripada pembelajaran dengan menggunakan modul yang ada di sekolah ditunjukkan dari hasil uji efektivitas modul melalui eksperimen. Kata kunci: modul matematika berbasis web, multimedia, problem solving, prestasi belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 27 Mar 2017 12:03
    Last Modified: 27 Mar 2017 12:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32611

    Actions (login required)

    View Item