Pembelajaran Kimia Metode Creative Problem Solving(CPS) Menggunaka Modul dan Media Interaktif Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Membaca dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

HENDRASTUTI, NOVI (2017) Pembelajaran Kimia Metode Creative Problem Solving(CPS) Menggunaka Modul dan Media Interaktif Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Membaca dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (978Kb)

    Abstract

    Novi Hendrastuti. 2016. Pembelajaran Kimia Metode Creative Problem Solving (CPS) Menggunakan Modul dan Media Interaktif ditinjau Dari Kemampuan Pemahaman Membaca dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Pembelajaran Kimia Materi Pokok Laju Reaksi XI Semester I SMA N 1 Karanganom Tahun Pelajaran 2013/2014) Pembimbing: 1) Prof. Dr. H. Ashadi: II) Prof. Dr. Sentot Budi R, Ph.D, Agustus 2016. Tesis: Program Studi Magister Pendidikan Sains FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta. ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh metode Creative problem solving(CPS) menggunakan modul dan media interaktif terhadap prestasi belajar siswa dengan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemahaman membaca terhadap prestasi belajar siswa dan interaksinya pada materi laju reaksi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu, sampelnya ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling, data dikumpulkan dengan tes untuk prestasi kognitif, kemampuan berpikir kritis, kemampuan pemahaman membaca dan observasi untuk prestasi psikomotorik serta angket untuk prestasi afektif. Teknik analisis data menggunakan analisis non parametrik Kruskal Wallis. Kesimpulan hasil penelitian: 1) Metode pembelajaran Creative Problem Solving dengan media interaktif lebih baik dibandingkan dengan metode pembelajaran Creative Problem Solving dengan media modul, 2) Tidak ada pengaruh kemampuan pemahaman membaca terhadap prestasi belajar ranah kognitif dan afektif, namun ada pengaruh terhadap prestasi belajar ranah psikomotor, 3) Tidak ada pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar ranah koknitif namun ada pengaruh terhadap prestasi belajar ranah afektif dan psikomotor, 4) Ada interaksi metode pembelajaran Creative Problem Solving dengan media modul dan metode pembelajaran Creative Problem Solving dengan media interaktif dengan kemampuan pemahaman membaca terhadap prestasi ranah kognitif, afektif dan psikomotorik siswa, 5) Tidak ada interaksi metode pembelajaran Creative Problem Solving dengan media modul dan metode pembelajaran Creative Problem Solving dengan media interaktif dengan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar peserta didik ranah kognitif, tetapi ada interaksi yang signifikan antara metode pembelajaran Creative Problem Solving dengan media modul dan metode pembelajaran Creative Problem Solving dengan media interaktif dengan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar peserta didik ranah afektif dan psikomotorik, 6) Tidak ada interaksi yang signifikan antara kemampuan pemahaman membaca dengan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar peserta didik ranah kognitif dan afektif, tetapi ada interaksi yang signifikan antara kemampuan pemahaman membaca dengan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar peserta didik ranah psikomotorik, 7) Tidak ada interaksi metode pembelajaran Creative Problem Solving dengan media modul dan metode pembelajaran Creative Problem Solving dengan media interaktif dengan kemampuan pemahaman membaca dan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar kognitif, tetapi ada interaksi antara metode pembelajaran Creative Problem Solving dengan media modul dan metode pembelajaran Creative Problem Solving dengan media interaktif dengan kemampuan pemahaman membaca dan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar afektif dan psikomotor. Kata kunci : Creative Problem Solving, Prestasi belajar, kognitif, afektif, psikomotorik. Novi Hendrastuti. 2016. Chemistry Learning using Creative Problem Solving (CPS) Method with Module and Interactive Media Viewed from the Students’ Reading Comprehension and Critical Thinking Abilities (Chemistry Learning in Rate of Reaction in the first semester of the 11th grade in SMA N 1 Karanganom in the school year of 2013/2014) Counselors: 1) Prof. Dr. H. Ashadi: II) Prof. Dr. Sentot Budi R, Ph.D, August 2016. Thesis: Science Education Magister Study Program of Teacher Training and Education Faculty, Surakarta Sebelas Maret University. ABSTRACT The objective of research was to find out the different effect of Creative Problem Solving (CPS) method using module and using interactive media with critical thinking and reading comprehension abilities and their interaction on the students’ learning achievement in rate of reaction competency. This research employed a quasi-experimental method; the sample was taken using cluster random sampling technique; data was collected using test for cognitive achievement, and critical thinking ability, and observation for psychomotor achievement and questionnaire for affective achievement and self-confidence. Technique of analyzing data used was non-parametric Kruskal Wallis analysis. The conclusions of research were: 1) CPS learning method with interactive media was better compared with CPS learning method with module media; 2) there was no effect of reading comprehension ability on cognitive and affective domains but there was an effect on psychomotor one; 3) There was no effect of critical thinking ability on cognitive domain but there was an effect on affective and psychomotor ones; 4) there was in interaction between CPS learning method with module media and CPS learning Method with interactive CPS learning method with module media and CPS learning Method with interactive media with critical thinking ability on the students’ learning achievement in cognitive domain but there was a significant interaction in affective and psychomotor domains; 6) There was no significant interaction between reading comprehension ability and critical thinking ability on the students’ learning achievement in cognitive and affective domains, but there was a significant interaction in psychomotor domain; 7) There was no interaction between CPS learning model with module media and CPS learning method with interactive media with reading comprehension and critical thinking abilities on cognitive domain , but there was interaction between CPS learning model with module media and CPS learning method with interactive media with reading comprehension and critical thinking abilities on affective and psychomotor ones . Keywords: Creative Problem Solving, Learning achievement, Cognitive, Affective, Psychomotor.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 27 Mar 2017 11:49
    Last Modified: 27 Mar 2017 11:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32599

    Actions (login required)

    View Item