PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN KEBUMEN

P, ANGGUN DWI SETYA (2017) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN KEBUMEN. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (452Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Anggun Dwi Setya Putri. S031502003. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Menulis Karangan Berbasis Pendidikan Karakter pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar di Kabupaten Kebumen. Tesis. Pembimbing I: Prof. Dr. H. Soegiyanto, S. U., Pembimbing II: Dr. Rukayah, M. Hum. Program Studi Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi guru dalam penggunaan bahan ajar pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar; (2) Mendeskripsikan hasil pengembangan modul pembelajaran menulis karangan berbasis pendidikan karakter pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar; (3) Mengetahui efektivitas modul pembelajaran menulis karangan berbasis pendidikan karakter pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Pengembangan modul pembelajaran menulis karangan berbasis pendidikan karakter ini dilaksanakan dengan desain penelitian dari Sukmadinata (2013: 164) yang memodifikasi sepuluh (10) langkah penelitian dan pengembangan yang dilakukan Borg dan Gall menjadi tiga langkah, yakni: (1) Tahap Studi Pendahuluan/ Studi Eksplorasi; (2) Tahap Pengembangan Produk; (3) Tahap Pengujian Produk. Produk penelitian pengembangan ini adalah modul pembelajaran menulis karangan berbasis pendidikan karakter. Subjek uji coba pemakaian produk modul untuk uji coba terbatas adalah peserta didik kelas IV SDN Peneket yang berjumlah 6 peserta didik, untuk uji coba lebih luas adalah kelas IV SDN 2 Sidoluhur dan SDN 2 Panjer yang berjumlah 18 peserta didik, sedangkan sampel uji efektivitas modul adalah kelas IV SDN 4 Kutosari sebagai kelas eksperimen dan SDN 1 Ambal sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara, lembar observasi, lembar validasi, dan lembar instrumen respon peserta didik. Pengujian data dilakukan dengan uji t untuk mengetahui keefektivan modul. Hasil penelitian dan pengembangan ini dapat disimpulkan bahwa: (1) penggunaan bahan ajar oleh guru di sekolah dasar kelas IV masih banyak mengalami kendala; (2) modul pembelajaran menulis karangan berbasis pendidikan karakter pada peserta didik kelas IV yang dikembangkan dinilai dari aspek komponen materi, komponen bahasa, komponen penyajian, dan komponen kegrafikan oleh ahli materi, ahli media, dan guru dengan total nilai rata- rata 74,90% masuk dalam kategori “baik”. Produk akhir modul yang dikembangkan peneliti memiliki spesifikasi yang didesain fullcolour dengan berbagai ilustrasi gambar serta bermuatan pendidikan karakter; (3) modul pembelajaran menulis karangan berbasis pendidikan karakter yang dikembangkan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Kata kunci: pengembangan modul, menulis karangan, pendidikan karakter.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 27 Mar 2017 11:47
    Last Modified: 27 Mar 2017 11:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32598

    Actions (login required)

    View Item