PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING (ST) DAN TALKING STICK (TS) DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA METERI FLUIDA STATIS TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMK N 4 SUKOHARJO

S, AFIFAH SHAFA (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING (ST) DAN TALKING STICK (TS) DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA METERI FLUIDA STATIS TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMK N 4 SUKOHARJO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (943Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada atau tidak adanya: (1) perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif Snowball Throwing dan Talking Stick dengan pendekatan Scientificterhadap kemampuan kognitif siswa, (2) perbedaan pengaruh motivasi belajar tinggi dan rendah terhadap kemampuan kognitif siswa, dan (3) interaksi pengaruh antara penggunaan model pembelajaran kooperatif Snowball Throwing dan Talking Stick dengan pendekatan Scientific dan motivasi belajar tinggi dan rendah terhadap kognitif siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Eksperimen. Desain penelitian adalah desain faktorial 2x2 (AxB) dengan variabel bebasnya yaitu model pembelajaran kooperatif dna motivasi belajar siswa dan variabel terikatnya yaitu prestasi belajar siswa. Sampel yang digunakan adalah kelas XI TP B dan XI TPBO B dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling yang mewakili populasi kelas XI di SMK N 4 Sukoharjo. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik observasi untuk data motivasi belajar siswa dan teknik tes untuk data kemampuan kognitif siswa. Analisis data menggunakan uji anava dua jalan dengan frekuensi sel tak sama, kemudian dilanjutkan dengan uji komparasi ganda menggunakan metode Scheffe’ dengan taraf signifikasi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan pengaruh model Snowball Throwing dan Talking Stick terhadap kemampuan kognitif siswa (Fa=26,508>F0,05;1;69=4,00), perbedaan menurut uji Scheffe’ menunjukkan perbedaan signifikan, kelas model Snowball Throwing memiliki rataan prestasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas model Talking Stick; (2) Tidak ada perbedaan pengaruh motivasi belajar siswa kategori tinggi dan rendah terhadap kemampuan kognitif siswa. (Fb=0,003

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 27 Mar 2017 11:41
    Last Modified: 27 Mar 2017 11:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32594

    Actions (login required)

    View Item