PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MULTIMEDIA DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA BAGI SISWA KELAS V SDN KEBONSARI TAHUN AJARAN 2016/2017

LUT, LUT (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MULTIMEDIA DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA BAGI SISWA KELAS V SDN KEBONSARI TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (674Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Lut. PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERTIF TIPE STAD DENGAN MULTIMEDIA DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA TENTANG ADAPTASI HEWAN DAN TUMBUHAN BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI KEBONSARI TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2016. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan multimedia dalam peningkatan pembelajaran IPA tentang adaptasi hewan dan tumbuhan, (2) meningkatkan pembelajaran IPA tentang adaptasi hewan dan tumbuhan, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan multimedia dalam peningkatan pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri Kebonsari tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kebonsari yang berjumlah 23 siswa. Data berasal dari siswa dan guru. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes dan nontes (observasi dan wawancara). Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan multimedia dilaksanakan dengan langkah-langkah (a) persiapan, (b) presentasi kelas dengan menggunakan multimedia, (c) belajar dalam kelompok STAD (d) kuis individu, (e) peningkatan skor individu, (f) penghargaan kelompok; (2) adanya peningkatan pembelajaran IPA tentang adaptasi hewan dan tumbuhan yaitu pada siklus I = 43.48%, siklus II = 73.91% , dan siklus III 86.95%; (3) Kendala dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan multimedia yaitu siswa masih sulit dikondisikan untuk tenang dan saat pengisian skor peningkatan individu siswa masih kebingungan. Solusi yang dilakukan adalah guru mengondisikan siswa untuk tenang dan saat pengisian skor peningkatan individu dibimbing dengan sabar. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan multimedia dapat meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri Kebonsari tahun Ajaran 2016/2017. Kata Kunci: STAD, multimedia, IPA ABSTRACT Lut. USE KOOPERTIF LEARNING MODEL TYPE STAD WITH MULTIMEDIA IN THE IMPROVEMENT OF LEARNING NATURAL SCIENCE OF ANIMALS AND PLANTS ADAPTATION FOR CLASS V SD NEGERI KEBONSARI ACADEMIC YEAR 2016/2017. Thesis, the Faculty of Education University of Sebelas Maret Surakarta, in December 2016. The purpose of this study are (1) describe the steps using cooperative learning model type STAD with multimedia in improving science learning about the adaptation of animals and plants, (2) improve science teaching about adaptation of animals and plants, (3) describe the challenges and solutions implementation cooperative learning model type STAD with multimedia in the improvement of science teaching fifth grade students of SD Negeri Kebonsari the academic year 2016/2017. This study is a collaborative action research carried out in three cycles, each cycle consisting of two meetings that include the planning, implementation, observation, and reflection. The subjects were fifth grade students of SD Negeri Kebonsari amounting to 23 students. The data comes from students and teachers. The data collection technique is a technique tests and nontes (observation and interviews). The validity of the data using triangulation techniques and triangulation of sources. Analysis of the data used is descriptive qualitative data analysis and descriptive statistics. The results showed that (1) the use of cooperative learning model type STAD with multimedia implemented by steps (a) preparation, (b) a class presentation using multimedia, (c) learning in a group STAD (d) quiz individual, (e) an increase in the individual scores, (f) the award of the group; (2) an increase in the science lesson about the adaptation of animals and plants are in the first cycle = 43.48%, the second cycle = 73.91%, 86.95% and the third cycle; (3) Constraints in the use of cooperative learning model type STAD with multimedia is still difficult students are conditioned to calm down and when charging score improvement of individual students are still confused. Solutions do is condition the teachers and students to calm down when charging score improvement of individual guided patiently. The conclusions of this study is the use of cooperative learning model type STAD with multimedia can enhance science teaching fifth grade students of SD Negeri Kebonsari in the academic year 2016/2017. Keywords: STAD, multimedia, science

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 27 Mar 2017 09:55
    Last Modified: 27 Mar 2017 09:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32590

    Actions (login required)

    View Item