Model Media Wayang Golek Cepak Tegal dalam Pembelajaran Sejarah dengan Sosiodrama untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa SMA Negeri 4 Kota Tegal.

HENDRAWAN, KRESNA (2017) Model Media Wayang Golek Cepak Tegal dalam Pembelajaran Sejarah dengan Sosiodrama untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa SMA Negeri 4 Kota Tegal. PhD thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1086Kb)

    Abstract

    Kresna Hendrawan. S861502017, 2017. Model Media Wayang Golek Cepak Tegal dalam Pembelajaran Sejarah dengan Sosiodrama untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa SMA Negeri 4 Kota Tegal. Pembimbing I: Dr. Leo Agung. S, M.Pd. Pembimbing II: Prof. Dr. Sariyatun, M.Pd. M.Hum. Tesis Program Studi Magister Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan media pembelajaran sejarah selama ini di SMA Negeri 4 Kota Tegal. (2) Mengembangkan desain model media wayang golek cepak Tegal untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa SMA Negeri 4 Kota Tegal.(3)Menguji efektifitas model media wayang golek cepak Tegal untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa SMA Negeri 4 Kota Tegal. Penelitian ini berfokus pada mata pelajaran sejarah dengan diterapkan melalui model pembelajaran role playing, yang dilaksanakan di SMA Negeri 4 Kota Tegal Penelitian ini menggunakan metode research and development melalui prosedur ADDIE dari Molenda, dengan tahapan-tahapan meliputi: studi pendahuluan, pengembangan media pembelajaran, dan uji efektivitas media. Analisis kelayakan media data menggunakan skala Likert dengan 5 rentang dan menguji efektivitas media pembelajaran menggunakan uji T berdasarkan Keadaan dunia yang serba online berdampak pada menurunnya keterampilan sosial siswa SMA Negeri 4 Kota Tegal, siswa menjadi makin enggan berinteraksi secara langsung, guru telah mencoba berbagai strategi, model dan media dalam pembelajarannya akan tetapi kurang berhasil, siswa juga masih kurang tertarik dengan mata pelajaran sejarah, melihat fenomena tersebut, maka dibutuhkalah sebuah media yang interaktif, kreatif, dan menarik bagi siswa. Wayang golek cepak Tegal dinilai memenuhi kriteria tersebut, hingga dapat dikembangkan sebagai media pembelajaran peningkat keterampilan sosial. hasil uji pree T-test dan post-test, hasil uji prestasi pada kelas eksperimen mendapatkan hasil sebesar 2,510 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, demikian juga hasil uji sikap keterampilan sosial 5,348 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, ini berarti ada perbedaan positif dan signifkan, antara rata-rata sebelum, dan setelah perlakuan eksperimental. Model media wayang golek cepak Tegal terbukti efektif meningkatkan keterampilan sosial siswa, dengan ditunjukan melalui nilai kelas eksperimen yang lebih baik daripada kelas kontrol. Kata Kunci: Model, Media, Wayang Golek Cepak Tegal, Pembelajaran Sejarah, Sosiodrama, Keterampilan Sosial.

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 27 Mar 2017 09:47
    Last Modified: 27 Mar 2017 09:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32589

    Actions (login required)

    View Item