IMPLEMENTASI PEMBELAJARANPROJECT BASED LEARNINGUNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU SISWA DAN HASIL BELAJAR FISIKA

MAWARNI, ASROFI SRI (2017) IMPLEMENTASI PEMBELAJARANPROJECT BASED LEARNINGUNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU SISWA DAN HASIL BELAJAR FISIKA. PhD thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (354Kb)

    Abstract

    Asrofi Sri Mawarni. 2016. Implementasi PembelajaranProject Based Learninguntuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Siswa dan Hasil Belajar Fisika. Tesis. Pembimbing: Dr. Sarwanto, S Pd. M Si. Kopembimbing: Prof. Dr. Widha S,M.Pd. Program Studi Magister Pendidikan Sains, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untukmeningkatan rasa ingin tahu siswa dan hasil belajar Fisika di kelas XI SMK Pembangunan NasionalSukoharjo melalui metode pembelajaran project based learningpada pokok bahasan Listrik Dinamis tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian tindakan kelas dilakukan pada siswa SMK Pembangunan Nasional Sukoharjo, kelas XI TKR 5 dengan jumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode tes, wawancara,dan pengamatan. Validasi data dilakukan dengan teknik triangulasi data kualitatif, yaitu data wawancara, dan data pengamatan. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan mendiskripsikan data.Penelitian dikatakan berakhir ketika rasa ingin tahu siswa mencapai 85% (32 siswa) dan hasil belajar Fisika siswa yang mencapai KKM 75% Dari analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran project based learning dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa dan hasil belajar Fisika di kelas XI SMK Pembangunan Nasional pada pokok bahasan listrik dinamis tahun pelajaran 2015/2016. Peningkatan sikap rasa ingin tahu siswa Kelas XI TKR 5 SMK Pembangunan Nasional Sukoharjo yang paling tinggi dihasilkan setelah tindakan siklus II. Indikator rasa ingin tahu yang paling tinggi adalah serius saat proses belajar mengajar serta mencatat informasi yang penting dan menanyakan langkah-langkah kegiatan siswa yaitu eksplorasi, diskusi, pengerjaan proyek serta presentasi yaitu sebanyak 36 siswa. Sedangkan indikator rasa ingin tahu yang paling rendah adalah menanyakan materi pengamatan saat proses belajar mengajar yaitu sebesar 32 siswa. Presentase hasil belajar siswa yang paling tinggi terjadi pada tindakan siklus III yaitu 84% siswa dinyatakan tuntas (lebih atau sama dengan KKM). Hasil belajar Sekolah Menengah Kejuruan juga menitik beratkan kemampuan psikomotorik, yaitu ditunjukkan dengan praktik pembuatan elektroskop, interaksi muatan listrik, rangkaian lampu tahan lama dipadukan dengan praktikum kejuruan teknik kendaraan ringan yang diimlementasikan pada pembuatan rangkaian lampu sein dan lampu hazart. Kata kunci: PTK, Project Based Learning,Rasa Ingin Tahu

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 27 Mar 2017 08:27
    Last Modified: 27 Mar 2017 08:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32579

    Actions (login required)

    View Item