Peningkatan Pemahaman Konsep Menghargai Keputusan Bersama dalam Pembelajaran PKn Melalui Model Kooperatif Tipe Group Investigation (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Bumi 1 No. 67 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016)

UGAHARI, VENDI PANDU (2017) Peningkatan Pemahaman Konsep Menghargai Keputusan Bersama dalam Pembelajaran PKn Melalui Model Kooperatif Tipe Group Investigation (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Bumi 1 No. 67 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1181Kb)

    Abstract

    Abstract: The purpose of this research was to increase concept understanding of appreciate decisions together in learning PKn by cooperative learning model type Group Investigation at fifth grade students of SD Negeri Bumi 1 Number 67 Surakarta in academic year 2015/2016. This research was classroom action research consist of two cycles. Each one consist of four phases, namely planning, implementation, observation, and reflection. The subjects of this research were teacher and the fifth grade students of SD Negeri Bumi 1 Number 67 Surakarta many as 25 students. The sources of data there were teacher, students and documents. The data collecting technique were interview, observation, test and documentation. The data validity used triangulation of source and technique. The data analysis technique use descriptive comparative and interactive analysis model which consist of three components, they are data reduction, data display, and conclusion. The result of this research show that before the action (pre-action), the average score on concept understanding of appreciate decisions together is 62,00 with the classical completeness percentage 32%. Following the treatment, the average score become 71,30 with the classical completeness percentage 60% in cycle I, and 76,90 with the classical completeness percentage 88% in cycle II respectively.Based on the result of the research, it can be concluded that the result of cooperative learning model type Group Investigation can improve concept understanding of appreciate decisions together for fifth grade of SD Negeri Bumi 1 Number 67 Surakarta in academic year 2015/2016. Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep menghargai keputusan bersama siswa dalam pembelajaran PKn melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada siswaw kelas V SD Negeri Bumi 1 No. 67 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus.Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Bumi 1 No. 67 Surakarta yang berjumlah 25 siswa.Sumber data berasal dari guru, siswa dan dokumen.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi.Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik.Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif dan model analisis interaktif dengan tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas pemahaman konsep menghargai keputusan bersama pada kondisi awal adalah 62 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 32%. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 71,30 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 60%. Pada siklus II, nilai rata-rata meningkat menjadi 76,90 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 88%.Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Group Invesgation dapat meningkatkan nilai pemahaman konsep menghargai keputusan bersama pada siswa kelas V SD Negeri Bumi 1 No. 67 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 26 Mar 2017 18:22
    Last Modified: 26 Mar 2017 18:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32561

    Actions (login required)

    View Item