Representasi Bullying di Lingkungan Sekolah Dalam Film (Studi Analisis Semiotika Terhadap Film Mean Girls)

R., TRI NANDA GHANI (2017) Representasi Bullying di Lingkungan Sekolah Dalam Film (Studi Analisis Semiotika Terhadap Film Mean Girls). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (643Kb)

    Abstract

    ABSTRAK TRI NANDA GHANI RACHMAWATY, D0211098, REPRESENTASI BULLYING DI LINGKUNGAN SEKOLAH DALAM FILM (Studi Analisis Semiotika Terhadap Film Mean Girls). Skripsi Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2016 Perkembangan teknologi telah menjadikan persebaran dan penerimaan informasi dan isu-isu sosial yang terjadi di masyarakat berlangsung sangat cepat. Diantara isu 13 isu yang berkembang dalam masyarakat, tindakan bullying khususnya di kalangan pelajar (school bullying) merupakan isu yang cukup sering terdengar dalam masyarakat. Berbagai data menunjukkan tingginya kasus school bullying, tak terkecuali di Indonesia. School Bullying menjadi hal yang tak terpisahkan dari kehidupan sekolah. Beberapa kasus school bullying diangkat ke dalam cerita film. Salah satu film yang mengangkat isu bullying adalah Mean Girl. Film karya sutradara Mark Waters dan penulis naskah Tina Fey mengemas isu bullying ke dalam sebuah film remaja bergenre komedi yang sukses mendapatkan beberapa penghargaan dan nominasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tindakan bullying yang dilakukan dalam film Mean Girls. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan objek penelitian berupa scene-scene terpilih dari film Mean Girls yang mengandung tindakan bullying. Metode analisis yang digunakan adalah semiotika, yaitu dengan cara memberikan makna-makna terhadap lambang-lambang yang terdapat suatu paket lambang-lambang pesan atau teks. Analisis semiotika yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis semiotika Roland Barthes di mana analisis semiotika dilakukan melalui tiga tahap, yaitu denotasi, konotasi dan mitos untuk mengkaji lebih dalam setiap tanda dengan tujuan makna yang didapatkan tidak hanya eksplisit dan langsung, tetapi juga dipengaruhi oleh emosi dan nilai-nilai budaya yang berlaku pada periode tertentu. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah terdapat tindakan bullying yang dapat dikelompokkan menjadi lima, yaitu bullying fisik, bullying verbal, bullying non verbal langsung, bullying non verbal tidak langsung, dan pelecehan seksual. Penulis juga menemukan tindakan bullying yang dapat diibaratkan dengan hukum rimba, dimana yang terkuat yang akan menang dan yang lemah akan ditindas. Kata kunci: school bullying, semiotika, film.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1990 Broadcasting
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 26 Mar 2017 18:12
    Last Modified: 26 Mar 2017 18:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32559

    Actions (login required)

    View Item