PENGARUH LAMA PEMBEKUAN TERHADAP KUALITAS FISIK DAGING BEKU BAGIAN TRICEPS BRACHII SAPI SIMMENTAL PERANAKAN ONGOLE JANTAN

HIDAYAH, TITIN NURUL (2017) PENGARUH LAMA PEMBEKUAN TERHADAP KUALITAS FISIK DAGING BEKU BAGIAN TRICEPS BRACHII SAPI SIMMENTAL PERANAKAN ONGOLE JANTAN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (86Kb)

    Abstract

    Daging sapi merupakan bahan pangan sumber protein yang berkualitas. Daging mengandung kandungan air dan zat gizi yang cukup tinggi sehingga media yang baik untuk hidupnya mikrobia sehingga mudah rusak dalam beberapa hari, hal ini dapat dicegah dengan menggunakan cara pengawetan pada suhu beku. Pembekuan merupakan salah satu cara untuk memperpanjang masa simpan daging. Kualitas fisik daging meliputi keempukan, susut masak, daya ikat air dan nilai pH. Salah satu yang memengaruhi kualitas fisik daging adalah metode lama pembekuan. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan lama pembekuan terhadap kualitas fisik daging bagian TB sapi Simpo jantan. Materi yang digunakan adalah sampel berupa daging bagian paha depan (chuck) berjumlah 15 sampel. Desain penelitian yang digunakan adalah rancangan acak lengkap pola searah dengan 3 perlakuan dan 5 ulangan. Metode perlakuan lama pembekuan adalah sebagai berikut, P1 : daging segar, P2 : daging dibekukan selama 2 bulan dan P3 : daging dibekukan selama 4 bulan. Hasil analisis variansi menunjukkan bahwa lama pembekuan memengaruhi nilai pH dan nilai keempukan daging. Lama pembekuan belum memengaruhi nilai daya ikat air dan susut masak daging. Simpulan dari penelitian ini adalah lama pembekuan meningkatkan nilai pH dan menurunkan nilai keempukan daging.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    S Agriculture > SF Animal culture
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 26 Mar 2017 17:55
    Last Modified: 26 Mar 2017 17:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32558

    Actions (login required)

    View Item