PEMBELAJARAN MEMBACA MENULIS PERMULAAN (Studi Kasus pada Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri Mauwaru Kecamatan Mauponggo Kabupaten Nagekeo)

Wabang, Rince Jalla (2017) PEMBELAJARAN MEMBACA MENULIS PERMULAAN (Studi Kasus pada Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri Mauwaru Kecamatan Mauponggo Kabupaten Nagekeo). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (409Kb)

    Abstract

    Pembelajaran membaca menulis permulaan merupakan dua aspek kemampuan berbahasa yang saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan di dalam pembelajaran, dan untuk mempelajari kedua aspek ini tidak terlepas dari peran guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) perencanaan pembelajaran membaca menulis permulaan yang disusun oleh guru kelas 1 SDN Mauwaru, (2) pelaksanaan pembelajaran membaca menulis permulaan di kelas 1 SDN Mauwaru ditinjau dari materi, metode, dan media yang digunakan, (3) hambatan yang dihadapi guru dan solusi yang digunakan untuk mengatasi hambatan dalam pembelajaran membaca menulis permulaan di kelas 1 SDN Mauwaru. Penelitian ini dilakukan selama satu bulan dari bulan September sampai Oktober 2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pola naturalistik, dengan strategi studi kasus. Sumber data yang dimanfaatkan dalam penelitian ini adalah informan atau narasumber, tempat dan peristiwa atau aktivitas, dan dokumen. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi observasi atau pengamatan, wawancara secara mendalam (in-depth-interviewing), dan analisis dokumen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Validitas data diperoleh melalui triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik model analisis interaktif, yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan serta verivikasinya. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) perencanaan pembelajaran yang digunakan tidak sesuai dengan kondisi siswa kelas I SD Negeri Mauwaru, 2) pelaksanaan pembelajaran secara garis besar tidak sesuai dengan perencanaan yang digunakan, 3) hambatan yang dihadapi dalam pembelajaran membaca menulis permulaan karena faktor guru, siswa, sarana prasarana dan lingkungan, (4) upaya yang dilakukan dari kepala sekolah adalah melakukan supervisi kelas dan menyuruh guru mengikuti kegiatan KKG di kecamatan dan upaya dari guru adalah berusaha menggunakan media yang ada dalam pembelajaran. Kata Kunci: Pembelajaran, membaca menulis permulaan, Sekolah Dasar Negeri Mauwaru

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    P Language and Literature > PK Indo-Iranian
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Doktor
    Pasca Sarjana > Doktor > Pendidikan Bahasa Indonesia - S3
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Pratama Wisnu
    Date Deposited: 26 Mar 2017 15:22
    Last Modified: 26 Mar 2017 15:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32552

    Actions (login required)

    View Item