Pengaruh Karakteristik DPRD terhadap Tingkat Kepatuhan Pengungkapan Wajib Laporan Keuangan Pemerintah Daerah di Indonesia

P, MARSAL FAJAR (2017) Pengaruh Karakteristik DPRD terhadap Tingkat Kepatuhan Pengungkapan Wajib Laporan Keuangan Pemerintah Daerah di Indonesia. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1173Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh karakteristik DPRD terhadap tingkat kepatuhan pengungkapan wajib Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) atas Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP). Karakteristik DPRD meliputi ukuran, proporsi anggota oposisi, latar belakang pendidikan, tingkat pendidikan, proporsi anggota wanita, dan struktur kepemimpinan DPRD. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling pada pemerintah kabupaten/kota di Indonesia tahun 2015. Sebanyak 101 pemerintah kabupaten/kota digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda untuk menguji pengaruh faktor-faktor terhadap tingkat kepatuhan pengungkapan wajib. Hasil uji regresi dalam penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepatuhan pengungkapan wajib LKPD dipengaruhi oleh variabel independen sebesar 13,8%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa ukuran DPRD berpengaruh positif terhadap tingkat kepatuhan pengungkapan wajib LKPD, proporsi anggota oposisi DPRD berpengaruh negatif terhadap tingkat kepatuhan pengungkapan wajib LKPD, dan latar belakang pendidikan, tingkat pendidikan, proporsi anggota wanita, struktur kepemimpinan DPRD tidak berpengaruh terhadap tingkat kepatuhan pengungkapan wajib LKPD.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Kuni Nur Aini
    Date Deposited: 26 Mar 2017 14:08
    Last Modified: 26 Mar 2017 14:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32547

    Actions (login required)

    View Item