Pengembangan Modul Dasar-dasar Akuntansi Berbasis International Financial Reporting Standards (IFRS) Melalui Pendekatan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa di Undana Kupang

NENOLIU, MARINI H (2017) Pengembangan Modul Dasar-dasar Akuntansi Berbasis International Financial Reporting Standards (IFRS) Melalui Pendekatan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa di Undana Kupang. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (3832Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui rancangan modul dasar-dasar akuntansi berbasis IFRS melalui pendekatan PBL untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa di Jurusan Pendidikan Ekonomi Undana Kupang, 2) mengetahui keefektifan modul dasar-dasar akuntansi berbasis IFRS melalui pendekatan PBL untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa di Jurusan Pendidikan Ekonomi Undana Kupang. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan prosedur Borg dan Gall yang dimodifikasi dan terdiri dari 8 tahap yaitu 1) research and information collecting, 2) planning, 3) develop preliminary form of product, 4) preliminary field testing, 5) main product revision, 6) main field testing, 7) operational product revision, 8) operational field testing. Analisis data yang digunakan selama pengembangan adalah analisis statistik inferensial, deskriptif, analisis kelayakan modul berdasarkan skor kriteria, dan analisis tes hasil belajar menggunakan t-test. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) modul dasar-dasar akuntansi berbasis IFRS melalui pendekatan PBL telah berhasil dikembangkan dengan karakteristik materi yang update, mengacu pada pembelajaran aktif dengan sintaks pembelajaran PBL untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa, 2) modul dasar-dasar akuntansi berbasis IFRS melalui pendekatan PBL telah teruji keefektifannya untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa berdasarkan hasil nilai signifikan uji-t adalah 0,000<0,005, atau dengan kata lain Ha diterima yang artinya ada perbedaan yang signifikan antara nilai post-test kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil uji ini menunjukkan bahwa nilai post-test kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa modul dasar-dasar akuntansi berbasis IFRS melalui pendekatan PBL yang dikembangkan telah teruji keefektifannya dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa di Jurusan Pendidikan Ekonomi Undana.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Kuni Nur Aini
    Date Deposited: 26 Mar 2017 14:05
    Last Modified: 26 Mar 2017 14:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32545

    Actions (login required)

    View Item