EFEK SITOTOKSISITAS DAN ANTIBAKTERI FRAKSI KASAR SENYAWA BIOAKTIF LEKTIN MAKROALGA MERAH DARI PESISIR PANTAI SELATAN PULAU JAWA, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

PUTRA P, BHAGAZ (2017) EFEK SITOTOKSISITAS DAN ANTIBAKTERI FRAKSI KASAR SENYAWA BIOAKTIF LEKTIN MAKROALGA MERAH DARI PESISIR PANTAI SELATAN PULAU JAWA, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (209Kb)

    Abstract

    Lektin adalah protein yang mengikat karbohidrat, yang secara luas tersebar di alam dan menjadi kandidat yang memiliki prospek baik di alga. Telah diketahui bahwa kemampuan pengikatan yang spesifik pada lektin terhadap beberapa jenis karbohidrat memicu berbagai aktivitas biologis unik seperti aglutinasi sel, aktivitas mitogenik, antibakteri dan sitotoksisitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efek sitotoksisitas dan antibakteri fraksi kasar lektin dari fraksi kasar lektin dari fraksi kasar lektin dari makroalga merah yang berasal dari pesisir pantai selatan pulau Jawa, kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fraksi kasar lektin dari lima spesiel alga merah yang diujikan tidak memiliki efek sitotoksisitas terhadap sel kanker HeLa dan MCF-7 karena hanya mampu menghambat pertumbuhan sel kurang dari 50%. Kemampuan penghambatan tertinggi hanya ditunjukkan oleh sampel lektin alga merah Halosaccion glandiforme yang mampu membunuh 47,68% pertumbuhan sel kanker serviks HeLa. Fraksi kasar lektin yang diujikan tidak menunjukkan aktifitas antibakteri terhadap bakteri gram negatif karena kebanyakan dinging sel bakteri jenis ini tersusun atas glikoprotein mannan dan lektin yang diujikan tidak memiliki spesifisitas terhadap glikoprotein tipe ini. semua lektin yang diujikan juga tidak menunjukkan kemampuan penghambtana terhadap bakteri gram positif dikarenakan hanya mampu mengikat spesifik terhadap glikoprotein N-glikan tipe hybrid dan O-glikan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu dan Teknologi Pangan
    Depositing User: Yanny Wulandari
    Date Deposited: 26 Mar 2017 13:53
    Last Modified: 26 Mar 2017 13:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32535

    Actions (login required)

    View Item