BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOCIAL MODELING UNTUK MENIGKATKAN INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS 8 SMP NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2016/2017

KURNIAWATI P, BELLIA (2017) BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOCIAL MODELING UNTUK MENIGKATKAN INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS 8 SMP NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (421Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Bellia Kurniawati Putri. K3112011. BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOCIAL MODELING UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik sosial modeling untuk meningkatkan interaksi sosial pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Sukoharjo tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen Quasi Eksperimental Design dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subjek penelitian masing-masing kelompok terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket interaksi sosial. Analisis data menggunakan Uji Mann Whitney dengan bantuan IBM SPSS Statistic 23. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari uji Mann Whitney adalah 0,003 dengan signifikansi sebesar 0,05 sehingga 0,003 < 0,05. Jadi terdapat perbedaan antara kelompok eksperimen yang telah diberikan treatment berupa bimbingan kelompok dengan teknik social modeling dengan kelompok kontrol yang tidak diberikan treatment. terdapat perbedaan antara nilai pretest dengan nilai posttest kelompok eksperimen setelah diberikan treatment berupa bimbingan kelompok dengan teknik social modeling. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bimbingan kelompok dengan teknik social modeling efektif untuk meningkatkan interaksi sosial peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Sukoharjo tahun ajaran 2016/2017. Kata kunci : Bimbingan Kelompok, Social Modeling, Interaksi Sosial.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Yanny Wulandari
    Date Deposited: 26 Mar 2017 13:50
    Last Modified: 26 Mar 2017 13:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32534

    Actions (login required)

    View Item