Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Numbered Head Together dalam Pembelajaran Fisika pada Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 5 SURAKARTA

KOMARIAH, ISTI (2017) Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Numbered Head Together dalam Pembelajaran Fisika pada Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 5 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (761Kb)

    Abstract

    Penulisan makalah ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih efektif dari model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa SMA Negeri 5 Surakarta Kelas X MIA Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling (sampel diambil secara acak) dan sampel yang terpilih adalah kelas X MIA 1 dan X MIA 3. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain faktorial 2x1. Teknik pengumpulan data untuk kemampuan kognitif menggunakan teknik tes pilihan ganda. Hipotesis awal pada penelitian ini yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw tidak lebih efektif dari model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dan hipotesis alternatif yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih efektif dari model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together. Uji independent sample t-test satu ekor kanan dipilih untuk teknik analisis data pada penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh thitung= 5,344> t0,05:62 = 1,999 dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih efektif dari pada model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa pada materi Vektor di Kelas X MIA SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Kuni Nur Aini
    Date Deposited: 26 Mar 2017 13:36
    Last Modified: 26 Mar 2017 13:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32529

    Actions (login required)

    View Item