Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Tahun Pertama Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta

ABDILLAH, RAMADHAN (2017) Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Tahun Pertama Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (360Kb)

    Abstract

    Pendahuluan: Pengetahuan tentang gaya belajar diketahui berguna bagi pengajar dan mahasiswa karena diduga mempengaruhi prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa tahun pertama Fakultas Kedokteran. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik komparatif dengan pendekatan cross sectional pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret angkatan 2015. Terdapat 186 mahasiswa sebagai subyek penelitian. Gaya belajar diukur menggunakan kuesioner VARK dan prestasi belajar didapatkan dari IPK semester 2. Data dianalisis menggunakan uji Kruskal Wallis dan Mann-Whitney dan dilanjutkan dengan uji korelasi rank spearman. Hasil: Dari hasil uji Kruskal Wallis menunjukkan tidak terdapat perbedaan bermakna diantara kelima kelompok gaya belajar dengan nilai p = 0,483 (p > 0,05). Hasil uji Mann-Whitney juga menunjukkan tidak terdapat perbedaan bermakna pada masing-masing gaya belajar (p > 0,05). Hasil uji korelasi rank spearman menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar dengan prestasi belajar Kesimpulan: Tidak terdapat pengaruh yang signifikan gaya belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa tahun pertama. Kata Kunci: gaya belajar, prestasi belajar, VARK

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
    H Social Sciences > HM Sociology
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Depositing User: Adhika Pri Ardhana
    Date Deposited: 26 Mar 2017 11:54
    Last Modified: 26 Mar 2017 11:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32518

    Actions (login required)

    View Item