Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Media Benda Konkret dalam Peningkatan Pembelajaran IPA tentang Gaya pada Siswa Kelas IV SDN 2 Maron Tahun Ajaran 2015/2016

ASTUTI, YUNI (2017) Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Media Benda Konkret dalam Peningkatan Pembelajaran IPA tentang Gaya pada Siswa Kelas IV SDN 2 Maron Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (177Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Yuni Astuti. PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MEDIA BENDA KONKRET DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA TENTANG GAYA PADA SISWA KELAS IV SDN 2 MARON TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2016. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media benda konkret; (2) meningkatkan pembelajaran IPA tentang gaya pada siswa kelas IV SDN 2 Maron tahun ajaran 2015/2016; (3) menemukan kendala dan solusinya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Maron tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes dan nontes (observasi dan wawancara). Validitas data dalam penelitian ini dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dengan menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) langkah pendekatan CTL dengan media benda konkret yang tepat yaitu: (a) konstruktivisme dengan media konkret, (b) bertanya dengan media konkret, (c) inkuiri dengan media konkret, (d) masyarakat belajar, (e) pemodelan dengan media nyata, (f) refleksi, dan (g) penilaian autentik; (2) penerapan pendekatan CTL dengan media benda konkret melalui langkah-langkah yang tepat dapat meningkatkan pembelajaran IPA, terbukti dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan siswa. Pada siklus I= 78,25%, siklus II= 84,75%, dan siklus III= 86,95%; (3) kendala utama dalam pembelajaran yaitu: (a) siswa belum aktif berpendapat, (b) siswa malu untuk bertanya. Adapun solusinya yaitu: (a) guru memotivasi siswa untuk berpendapat, (b) guru membangkitkan respon siswa untuk bertanya. Simpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan CTL dengan media benda konkret dapat meningkatkan pembelajaran IPA tentang gaya siswa kelas IV SDN 2 Maron tahun ajaran 2015/2016. Kata Kunci: CTL, media benda konkret, IPA ABSTRACT Yuni Astuti. THE APPLICATION OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) APPROACH USING CONCRETE MEDIA IN IMPROVING NATURAL SCIENCE ABOUT FORCE LEARNING FOR THE FOURTH GRADE STUDENTS OF SD NEGERI 2 MARON IN THE ACADEMIC YEAR OF 2015/2016. Thesis, Teacher Training and Education Faculty. Sebelas Maret University of Surakarta. April 2016. The objectives of this research are: (1) to describe the steps application of Contextual Teaching And Learning (CTL) approach using concrete media, (2) to improve natural science learning about force for the fourth grade students of SD Negeri 2 Maron in the academic year of 2015/2016, and (3) to find out problems and solutions. This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted within three cycles. Each cycle consisted of planning, action, observation, and reflection. Subjects of the research were fourth grade students of SD Negeri 2 Maron in academic year of 2015/2016 totaling 23 students. Techniques of collecting data were test and non-test (observation, interview, and documentation). Validity of data in this research was analyzed using triangulation of sources and triangulation of technique. Data were analyzed using quantitative and qualitative analysis consisting of data reduction, data display, and drawing conclusion or verification. The results of this research showed that: (1) the steps of the application of Contextual Teaching And Learning (CTL) approach using concrete media, namely: (a) constructivism using concrete media, (b) ask using concrete media, (c) inquiry using concrete media, (d) learning society, (e) modeling using real media, (f) reflection; (2) the application of Contextual Teaching and Learning (CTL) approach using concrete media through appropriate steps can improve natural science learning. It was proved by the increase of the percentage of learning mastery in the first cycle 78.25%, in the second cycle 84.75%, and in the third cycle 86.95%, (3) the problems encountered in the learning, namely: (a) students do not give opinion actively and (b) students are not confident in asking questions. Solutions for these problems are: (a) the teacher motivates students and (b) the teacher encourages students to ask a question. The conclusion of this research is the application of Contextual Teaching and Learning (CTL) approach using concrete media can improve natural science learning about force for the fourth grade students of SD Negeri 2 Maron in the academic year of 2015/2016. Keywords: CTL, concrete media, natural science

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 25 Mar 2017 23:00
    Last Modified: 25 Mar 2017 23:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32475

    Actions (login required)

    View Item