PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, ANAK PERUSAHAAN, PROFITABILITAS PERUSAHAAN, UKURAN KAP, DAN OPINI AUDIT TERHADAP AUDIT REPORT LAG

KESTI, THERESIA YOLANDA (2017) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, ANAK PERUSAHAAN, PROFITABILITAS PERUSAHAAN, UKURAN KAP, DAN OPINI AUDIT TERHADAP AUDIT REPORT LAG. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (542Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji karakteristik perusahaan dan karakteristik auditor yang memengaruhi audit report lag. Karakteristik perusahaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ukuran perusahaan, anak perusahaan, dan profitabilitas perusahaan. Karakteristik auditor yang digunakan dalam penelitian ini adalah ukuran KAP dan opini audit. Sampel penelitian ini menggunakan 390 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012 hingga 2014. Sampel penelitian tersebut diambil dengan metode purposive sampling. Teknik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan program SPSS IBM Statistics 21. Hasil pengujian regresi menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, profitabilitas perusahaan, dan ukuran KAP berpengaruh negatif terhadap audit report lag. Anak perusahaan dan opini audit tidak berpengaruh terhadap audit report lag.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 25 Mar 2017 22:57
    Last Modified: 25 Mar 2017 22:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32474

    Actions (login required)

    View Item