Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Membaca Kalimat Berhuruf Jawa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Wonorejo Polokarto Sukoharjo

K., YANUAR DYAH (2017) Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Membaca Kalimat Berhuruf Jawa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Wonorejo Polokarto Sukoharjo. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2664Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan motivasi membaca kalimat berhuruf Jawa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Wonorejo Polokarto Sukoharjo; dan (2) meningkatkan keterampilan membaca kalimat berhuruf Jawa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Wonorejo Polokarto Sukoharjo. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri atas 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Wonorejo Polokarto Sukoharjo yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi, wawancara, tes, dan kajian dokumen. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble dapat meningkatkan motivasi belajar membaca kalimat berhuruf Jawa, (2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble dapat meningkatkan keterampilan membaca kalimat berhuruf Jawa pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Wonorejo Polokarto Sukoharjo. Hasil tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Scramble dapat meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan membaca kalimat berhuruf Jawa dari pratindakan hingga siklus II. Pada siklus I mengalami peningkatan motivasi belajar menjadi 55,6%, 55,6%, 77,8%, 66,7%, dan 44,4%, dan mengalami peningkatan kembali pada siklus II secara berturut-turut sebesar 72,2%, 77,8%, 83,3%, 72,2%, dan 72,2%. Keterampilan membaca kalimat berhuruf Jawa siswa pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 61,1% yang mencapai nilai KKM dan pada siklus II juga mengalami peningkatan mencapai 77,8%. Kata kunci : motivasi belajar, keterampilan membaca kalimat behuruf Jawa, model pembelajaran kooperatif tipe Scramble.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    P Language and Literature > PA Classical philology
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Jawa
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 25 Mar 2017 22:49
    Last Modified: 25 Mar 2017 22:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32468

    Actions (login required)

    View Item