EEFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EVERYONE IS TEACHER HERE, STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD), DAN CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK MITIGASI DAN ADAPTASI BENCANA ALAM PADA PESERTA DIDIK KELAS X IPS SMA N COLOMADU KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016

PRATIWI, YANUAR DYAH (2017) EEFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EVERYONE IS TEACHER HERE, STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD), DAN CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK MITIGASI DAN ADAPTASI BENCANA ALAM PADA PESERTA DIDIK KELAS X IPS SMA N COLOMADU KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (864Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Yanuar Dyah Pratiwi. EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EVERYONE IS TEACHER HERE, STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD), DAN CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK MITIGASI DAN ADAPTASI BENCANA ALAM PESERTA DIDIK KELAS X IPS SMA N COLOMADU KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Desember 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perbedaan yang signifikan hasil belajar geografi menggunakan metode Everyone Is Teacher Here, Student Team Achievment Division (STAD), dan ceramah, (2) perbedaan yang signifikan hasil belajar geografi menggunakan metode Everyone Is Teacher Here dengan metode ceramah, (3) perbedaan yang signifikan hasil belajar geografi mengnakan metode Student Team Achievment Division (STAD) dengan metode Ceramah, (4) perbedaan yang signifikan hasil belajar geografi menggunakan metode Everyoen Is Teacher Here dengan metode Student Team Achievment Division (STAD) pada materi pokok Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam peserta didik kelas X IPS SMA N Colomadu Tahun Pelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain “Post-test- only Control Design”. Populasi penelitian adalah kelas X IPS SMA N Colomadu Tahun Pelajaran 2015/2016 sebanyak 3 kelas dan sampel penelitian adalah peserta didik kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen 1, kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen 2 dan kelas X IPS 3 sebagai kelas kontrol. Sampel tersebut diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes dalam bentuk uraian. Teknik analisis data menggunakan anava satu arah dan uji lanjut pasca anava dengan metode Scheffe’. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan yang signifikan antara menggunakan metode EITH, STAD, dan Ceramah dengan perbandingan skor rerata 32,28; 31,09; 29,54 dan dibuktikan dari uji anava satu arah dengan taraf signifikan 5% diperoleh Fhitung > Ftabel (11,1107 > 3,0882), (2) hasil belajar geografi menggunakan metode EITH (32,28) lebih efektif daripada metode ceramah (29,54), (3) hasil belajar geografi menggunakan metode STAD (31,09) lebih efektif daripada metode ceramah (29,54), (4) hasil belajar geografi menggunakan metode EITH (32,28) lebih efektif daripada menggunakan metode STAD (31,09) peserta didik kelas X IPS SMA N Colomadu Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Hal ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang paling efektif adalah metode EITH, disusul metode STAD, dan Ceramah. Kata Kunci: Everyone Is Teacher Here (EITH), Student Team Achievment Division (STAD), Hasil Belajar Geografi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 25 Mar 2017 22:45
    Last Modified: 25 Mar 2017 22:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32467

    Actions (login required)

    View Item