DAMPAK PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP BAHASA TULIS PEMBELAJAR BIPA TINGKAT DASAR (STUDI KASUS DI UPT BAHASA UNIVERSITAS SEBELAS MARET)

PUSVITA, WINDA DEWI (2017) DAMPAK PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP BAHASA TULIS PEMBELAJAR BIPA TINGKAT DASAR (STUDI KASUS DI UPT BAHASA UNIVERSITAS SEBELAS MARET). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (621Kb)

    Abstract

    Winda Dewi Pusvita. 2017. Dampak Penguasaan Kosakata Terhadap Bahasa Tulis Pembelajar BIPA Tingkat Dasar (Studi Kasus di UPT Bahasa Universitas Sebelas Maret). Tesis. Pembimbing: Prof. Dr. Andayani, M.Pd. Kopembimbing: Prof. Dr. Retno Winarni, M.Pd. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan dan menjelaskan penguasaan kosakata pembelajar BIPA, (2) mendeskripsikan dan menjelaskan pembelajaran penguasaan kosakata pembelajar BIPA, (3) mendeskripsikan dan menjelaskan dampak penguasaan kosakata terhadap bahasa tulis pembelajar BIPA, (4) mendeskripsikan dan menjelaskan kendala pembelajaran penguasaan kosakata pembelajar BIPA, dan (5) mendeskripsikan dan menjelaskan solusi untuk mengatasi kendala penguasaan kosakata pembelajar BIPA. Sumber data pada penelitian ini adalah informan, dokumen, dan proses pembelajaran. Sumber data diperoleh dengan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Peneliti mengamati secara langsung kegiatan pembelajaran dan tingkah laku pembelajar maupun pengajar. Wawancara dilakukan dengan open ended (pertanyaan terbuka) dan bersifat flexible. Dokumen dalam penelitian ini dianalisis dengan mentranskrip perangkat pembelajaran. Teknik cuplikan di dalam penelitan ini yaitu teknik purposive sampling (cuplikan purposive). Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengucapan dan pemahaman kosakata sembilan pembelajar BIPA tingkat dasar masih banyak terdapat kekeliruan, proses pembelajaran secara keseluruhan sudah baik, hasil tulisan pembelajar BIPA menunjukkan adanya keterkaitan dengan kata yang mereka lafalkan, salah satu kendala pembelajaran BIPA terletak pada motivasi belajar pembelajar, dan solusi untuk mengatasi hal tersebut yaitu: (a) melakukan komunikasi dua arah kepada pembelajar; (b) menggunakan media pembelajaran yang menarik, konkret, efektif, efisien, dan praktis; dan (c) menerapkan metode atau model pembelajaran kooperatif. Kata kunci: BIPA, penguasaan kosakata, bahasa tulis

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 25 Mar 2017 22:42
    Last Modified: 25 Mar 2017 22:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32466

    Actions (login required)

    View Item