PENGARUH PEMBELAJARAN PEMASARAN ONLINE DAN SELF EFFICACY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA ONLINE SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN PEMASARAN DI SMK NEGERI KOTA SURAKARTA

FADHILAH, SHOFIANA (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN PEMASARAN ONLINE DAN SELF EFFICACY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA ONLINE SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN PEMASARAN DI SMK NEGERI KOTA SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (72Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Shofiana Fadhilah. K7412162. PENGARUH PEMBELAJARAN PEMASARAN ONLINE DAN SELF EFFICACY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA ONLINE SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN PEMASARAN DI SMK NEGERI KOTA SURAKARTA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, November 2016. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya pengaruh (1) pembelajaran pemasaran online dan self efficacy terhadap minat berwirausaha online siswa kelas XI kompetensi keahlian Pemasaran di SMK Negeri kota Surakarta; (2) faktor pembelajaran pemasaran online terhadap minat berwirausaha online siswa kelas XI kompetensi keahlian Pemasaran di SMK Negeri kota Surakarta; dan (3) faktor self efficacy terhadap minat berwirausaha online siswa kelas XI kompetensi keahlian Pemasaran di SMK Negeri kota Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri Surakarta. Sampel penelitian ini sebanyak 135 siswa yang diambil dari rumus Isaac dan Michael. Teknik pengambilan sampel yang di gunakan adalah proporsional random sampling dengan undian. Metode penelitian yang di gunakan adalah metode kuantitatif dengan desain deskriptif. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data dilakukan dengan regresi ganda. Taraf signifikasi yang di gunakan dalam penelitian ini sebesar 0,05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, ada pengaruh positif dan signifikan antara pembelajaran pemasaran online dan self efficacy bersama-sama terhadap minat berwirausaha online siswa dengan hasil uji Fhitung > Ftabel (5.816 > 3.065) pada taraf signifikansi 0,05 dengan persamaan regresi Y= 27.345+ 0,189X1 + 0,215X2.. Kedua, ada pengaruh positif dan signifikan antara pembelajaran pemasaran online terhadap minat berwirausaha online siswa dengan nilai probabilitas < 0,05 (0,031 < 0,05) dan nilai thitung > ttabel (2.177 > 1.979). Ketiga, ada pengaruh positif dan signifikan antara self efficacy terhadap minat berwirausaha online siswa dengan nilai probabilitas < 0,05 (0,024 < 0,05) dan nilai thitung > ttabel (2.278 > 1.979). Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,081 atau sebesar 8,1%. Kata Kunci: Pembelajaran Pemasaran Online, Self Efficacy, Minat Berwirausaha Online ABSTRACT Shofiana Fadhilah. K7412162. THE EFFECT OF ONLINE MARKETING LEARNING AND SELF EFFICACY TO THE ONLINE ENTREPRENEURSHIP INTEREST ON XI-GRADE MARKETING SKILL COMPETENCY IN SMK NEGERI SURAKARTA CITY. Thesis, Surakarta: Teacher Training and Education Faculty of Surakarta Sebelas Maret University, November 2016. This research aimed to find out whether or not there was an effect of (1) online marketing learning and self-efficacy factors to the online entrepreneurship interest on XI-grade Marketing skill competency in SMK Negeri Surakarta City; (2) online marketing learning factor to the online entrepreneurship interest on XI-grade Marketing skill competency in SMK Negeri Surakarta City; and (3) self efficacy factor to the online entrepreneurship interest on XI-grade Marketing skill competency in SMK Negeri Surakarta City. The population of research was the students of SMK Negeri Surakarta. The sample consisted of 135 students taken using Isaac and Michael’s formula. The sampling technique used was proportional random sampling with lottery. This research method used is quantitative method with a descriptive design. Technique of collecting data used was questionnaire. Technique of analyzing data used was a multiple regression. Significance level used in this research was 0.05. The results of research were as follows. Firstly, there was a positive significant effect of online marketing learning and self-efficacy factors on the online entrepreneurship interest of students with the test result of Fstatistic > Ftable (5.816 > 3.065) at significance level of 0.05 with regression equation Y = 27.345 + 0.189X1 + 0.215X2. Secondly, there was a positive significant effect of online marketing learning factor on the online entrepreneurship interest of students with probability value < 0.05 (0.031 < 0.05) and t¬statistic > ttable¬ (2.177 > 1.979). Thirdly, there was a positive significant effect of self-efficacy factor on the online entrepreneurship interest of students with probability value < 0.05 (0.024 < 0.05) and t¬statistic > ttable¬ (2.278 > 1.97). The coefficient of determinacy (R2) was 0.081 or 8.1%. Keywords: Online Marketing Learning, Self Efficacy, Online Entrepreneurship Interest.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 25 Mar 2017 22:34
    Last Modified: 25 Mar 2017 22:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32462

    Actions (login required)

    View Item