DAMPAK IMPLEMENTASI MODEL BRAIN BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA

R, RIZKI KUSUMANING (2017) DAMPAK IMPLEMENTASI MODEL BRAIN BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (778Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Rizki Kusumaning Rahayu, K4312057. DAMPAK IMPLEMENTASI MODEL BRAIN BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Oktober 2016. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adanya dampak implementasi model Brain Based Learning dalam pembelajaran biologi pada kemampuan literasi sains dan hasil belajar siswa kelas XI SMA MTA Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy experimental research). Desain penelitian menggunakan pretest-posttest nonequivalent control group design dengan melibatkan kelas eksperimen XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen 1 (menggunakan model pembelajaran konvensional) dan kelas XI MIA 3 sebagai eksperimen 2 (menggunakan model Brain Based Learning). Populasi penelitian adalan siswa kelas XI SMA MTA Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes (observasi dan dokumentasi). Teknik tes digunakan untuk mengukur literasi sains yaitu menggunakan tes NOSLiT (Nature of Science Literacy Test) (Wenning, 2006), sedangkan hasil belajar kognitif diukur menggunakan tes tertulis berupa soal pilihan ganda, hasil belajar afektif dan psikomotor diukur menggunakan lembar observasi. Uji hipotesis menggunakan uji-t dengan bantuan program SPSS 23 dengan taraf signifikansi 0,05. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan analisis data. Hasil penelitian disimpulkan bahwa model Brain Based Learning dalam pembelajaran biologi memberikan dampak positif pada kemampuan literasi sains siswa yaitu adanya peningkatan nilai dari 52,33 menjadi 69,23 dan peningkatan nilai hasil belajar dari 68,16 menjadi 84,20 pada siswa SMA MTA Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Kata Kunci: model brain based learning, literasi sains, hasil belajar ABSTRACT Rizki Kusumaning Rahayu, K4312057. THE EFFECT OF IMPLEMENTATION OF BRAIN BASED LEARNING MODEL IN BIOLOGICAL LEARNING FOR SCIENCE LITERACY AND STUDENTS’ LEARNING ACHIEVEMENT. Thesis, Surakarta : Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, October 2016. The research is aimed to examine the effect of implementation of Brain Based Learning for science literacy and learning achievement of 11th degree students at SMA MTA Surakarta. The research was quasi experiment research. The research was designed using pretest-posttest nonequivalent control group design by using XI MIA 2 as experimental classes 1 (using Brain Based Learning model) and XI MIA 3 as experimental classes 2 (using conventional model). The populations of this research were all of 11th degree students at SMA MTA Surakarta in academic year 2015/2016. Technical sampling of this research was established by cluster sampling. The data was collected multiple choices test and observation form. Test to measure science literacy using NOSLiT (Nature of Science Literacy Test) (Wenning, 2006), while the cognitive learning result using multiple choices, the affective and psychomotor learning result using observation sheet. The hypotheses analyzed by t-test with SPSS 23 with 0,05 significant number. The procedures of research consist of plan, do, and data analyze. The result of this research showed Brain Based Learning model gives positive influence to science literacy that increase from 52,33 to 69,23 and increase learning achievement from 68,16 to 84,20 students of SMA MTA Surakarta in academic year 2015/2016. Keywords: brain based learning, science literacy, learning achievement

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 25 Mar 2017 22:22
    Last Modified: 25 Mar 2017 22:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32452

    Actions (login required)

    View Item