Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing

GAOL, GIO VANI LUMBAN (2017) Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (286Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: 1) Strategi pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran BIPA Level Dasar di UPT Bahasa UNS, 2) kendala yang dihadapi oleh dosen dengan menerapkan strategi pembelajaran BIPA di UPT Bahasa UNS, 3) solusi yang dilakukan oleh dosen untuk mengatasi kendala penerapan strategi pembelajaran BIPA di UPT Bahasa UNS, 4) pendapat siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran BIPA di UPT Bahasa UNS. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif naturalistik dengan bentuk studi kasus terpancang. Penelitian ini dilakukan di UPT Bahasa Universitas Sebelas Maret Surakarta. Informan dalam penelitian ini adalah koordinator perencanaan, pengajar, dan siswa. Teknik cuplikan yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data dilakukandengan wawancara mendalam, observasi, analisis dokumen, dan arsip. Pengujian validitas data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Data penelitian dianalisis menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian sebagai berikut 1) Strategi pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing yang diterapkan di level dasar ada dua yaitu strategi pembelajaran langsung dan strategi pembelajaran tidak langsung. Strategi pembelajaran langsung terdiri dari dari Strategi memori, kompensasi, dan strategi kognitif. Strategi pembelajaran tidak langsung dimplementasikan berupa strategi metakognitif, afektif, dan sosial. 2) Kendala yang dihadapi oleh dosen berasal dari dosen, siswa, dan prasarana. Kendala yang bersumber dari siswa yaitu kendala bahasa seperti bahasa pengantar yang digunakan oleh pengajar dan pembelajar pada awal pertemuan, kemampuan siswa dalam hal menulis kurang, dan pelafalan kata yang dilafalkan siswa masih dipengaruhi oleh bahasa Ibu. Selanjutnya kendala non bahasa pengajar menemukan pembelajar yang tidak bisa menerima dinamika belajar bahasa, pembelajar masih menggunakan konsep bahasa Inggris, serta membanding antara tata bahasa Indonesia dengan bahasa Ibunya. Pembelajar siswa yang suka mencari perhatian guru di kelas, tidak dapat menerima konteks, keterlambatan pengiriman beasiswa turut mempengaruhi sikap pembelajar menjadi tidak semangat dan tidak konsentrasi belajar di kelas, dan waktu belajar yang panjang pada hari tertentu seperti jumat membuat pembelajar merasa bosan dan jenuh. Kendala yang dihadapi oleh dosen juga berasal dari sarana prasarana seperti jaringan internet yang tidak lancar, bahan ajar berupa video yang terbatas, dan listrik yang terkadang padam saat proses pembelajaran yang mengakibatkan beberapa media pembelajaran dan bahan ajar yang dipersiapkan tidak dapat digunakan. 3) Solusi yang dilakukan oleh pengajar untuk mengatasi kendala-kendala tersebut adalah menggunakan media gambar, gerakan tubuh, google terjemahan dan bahasa Inggris di awal pertemuan, memberi rekaman audio untuk dipelajari pembelajar tersebut di rumah. Pengajar melakukan pengulangan pengucapan, memberikan pembelajar lagu-lagu berbahasa Indonesia, diskusi dan presentasi sehingga pembelajar dipaksa untuk berbicara. Pengajar memberikan kalimat-kalimat pendek, memberikan tugas menulis, dan kegiatan sosial di masyarakat. Pengajar memberi contoh, treatmen, dan pancingan melalui konteks dan analisis. Pengajar mengajak pembelajar bermain sambil belajar dan menghubungkan topik pembelajaran dengan budaya. Pengajar menerapkan strategi pembelajaran yang bervariasi. Pengajar melakukan persiapan di rumah dan memanfaatkan fasilitas yang ada di kelas. 4) Pendapat pembelajar terhadap strategi pembelajaran BIPA di tingkat dasar positif terbukti dari penilaian pendapat pembelajar yang menyatakan bahwa strategi pembelajaran yang diterapkan di kelas sudah bagus siswa dapat mengerti pembelajaran yang disampaikan oleh pengajar. Kata kunci : Strategi pembelajaran, BIPA, Pembelajaran bahasa Indonesia.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Kuni Nur Aini
    Date Deposited: 25 Mar 2017 22:21
    Last Modified: 25 Mar 2017 22:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32450

    Actions (login required)

    View Item