Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan SAVI Bagi Peserta Didik Kelas VIII I SMP Negeri 1 Jatisrono Kabupaten Wonogiri Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017

, SUDIRMAN (2017) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan SAVI Bagi Peserta Didik Kelas VIII I SMP Negeri 1 Jatisrono Kabupaten Wonogiri Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (684Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Sudirman. S.810108026. 2016. “Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan SAVI Bagi Peserta Didik Kelas VIII I SMP Negeri 1 Jatisrono Kabupaten Wonogiri Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017”. Tesis. Pembimbing I : Prof. Dr. Sunardi, M.Sc. Pembimbing II : Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd. Program Studi Teknologi Pendidikan. Program Pascasarjana. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru harus dapat memilih dan menerapkan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi, dan lingkungan peserta didik. Pendekatan SAVIsangat tepat dalam membantu siswa dalam meningkatkan aktivitas peserta didik danhasil belajar IPA pada materi berbagai sistem dalam kehidupan manusia . Hal tersebut menarik untuk dikaji dalam bentuk penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA materi berbagai sistem dalam kehidupan manusia bagi peserta didik kelas VIII I SMP Negeri 1 Jatisrono Kabupaten Wonogiri Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi peserta didik dalam : 1) memahami materi berbagai sistem dalam kehidupan manusia dengan baik dan benar, 2)meningkatnya aktivitas peserta didik dalam mengikuti pembelajaran IPA khususnya materi berbagai sistem dalam kehidupan manusia, 3) mencapai atau bahkan melampui batas ketuntasan yang ditetapkan baik secara individual (73) dan klasikal (90 %). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VIII I SMP Negeri 1 Jatisrono yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode tes tertulis, observasi, dokumentasi. Adapun prosedur penelitian dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian mampu menjawab rumusan masalah, mencapai tujuan penelitian dan menjawab hipotesis tindakan yaitu: (1) terjadi peningkatan aktivitas preserta didik bila dibandingkan antara prasiklus yaitu nilai rata-rata 2,87 (sedang) di akhir siklus 2 menjadi 4,85 (baik sekali);(2) terjadi peningkatan pencapaian ketuntasan belajar peserta didik bila dibandingkan antaraprasiklus yaitu 5 peserta didik (16,67 %) diakhir siklus 2 menjadi 29 peserta didik (96,67 %) sehingga sudah mencapai tingkat ketuntasan sebagaimana telah ditetapkan yaitu 90%. Terjadi peningkatan pencapaian nilai rata-rata bila dibandingkan antaraprasiklus62,64 di akhir siklus 2 menjadi 81,37. Penelitian ini menyimpulkan secara teori dan empiris bahwa penerapan Pendekatan SAVIdapat meningkatkanaktivitas peserta didik dan hasil balajarIPA materi berbagai sistem dalam kehidupan manusia pada kelas VIII I SMP Negeri 1 Jatisrono tahun 2016/2017. Kata kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, IPA, SAVI ABSTRACT Sudirman. S.810108026. 2016 “Improved Activities and Learning Outcomes Science of Through SAVI Approach For Study Participants of Class VIII I SMP Negeri 1 Jatisrono District Wonogiri 1st Semester Academic Year 2016/2017”. Thesis. Advisor I : Prof. Dr. Sunardi, M.Sc. Advisor II : Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd. Educations Technology. Postgraduate Programe of Teaching and Education Faculty. Sebelas Maret University. Surakarta. In the implementation of learning, teacher must be able to select and implement a learning approach that suits the characteristics of the material and environment of the study participants. SAVI approach is very suitable in helping students to improve the activities of study participants and learning outcomes of science subject of various systems in human life materials. It is interesting to be studied in the form of classroom action research. This study aims to improve the activities and learning outcomes of science subject of various systems in human life materials for the study participants of class VIII I SMP Negeri 1 Jatisrono District Wonogiri 1st Semester Academic Year 2016/2017. The results of this study would be useful for study participants in: 1) understand the various systems in human life materials properly, 2) increased activities of students in attending the science subject learning, especially the materials of various systems in the human life, 3) reach or even exceed the passing grades assigned either individually (73) and classically (90%). This research is a classroom action research (PTK). Subjects were students of class VIII I SMP Negeri 1 Jatisrono that consists of 30 students. Data collection techniques using written tests, observation, and documentation. The research procedures conducted through two cycles and each cycle consists of planning, implementation, observation and reflection. Results of the study were able to answer the problem formulation, achieved the purpose of research and answered hypothetical action, namely: (1) an increase in study participants activities when compared, pre-cycle value is an average of 2.87 (medium), at the end of cycle 2 becomes 4.85 (very good); (2) an increase in the achievement of mastery learning of study participants compared between pre-cycle which is 5 students (16.67%) at the end of cycle 2 becomes 29 students (96.67%) that have reached the level of mastery as stipulated which is 90%. An increase in the achievement of the average score when compared between pre-cycle which is 62.64 at the end of cycle 2 becomes 81.37. This study concluded that the application of SAVI approach can increase the activities of study participants and the learning outcomes of science subject of various systems in human life materials. Keywords: Activities, Learning Outcomes, Science, SAVI

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 25 Mar 2017 22:19
    Last Modified: 25 Mar 2017 22:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32449

    Actions (login required)

    View Item