KAJIAN HIDROLOGI KAMPUS UNS DAN SEKITARNYA: POLA ALIRAN AIRTANAH, KUALITAS AIRTANAH DAN BESARNYA ALIRANPERMUKAAN (RUNOFF)TAHUN 2016

PERTIWI, RIRIN PUTRI (2017) KAJIAN HIDROLOGI KAMPUS UNS DAN SEKITARNYA: POLA ALIRAN AIRTANAH, KUALITAS AIRTANAH DAN BESARNYA ALIRANPERMUKAAN (RUNOFF)TAHUN 2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1015Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Ririn Putri Pertiwi (K5412065). KAJIAN HIDROLOGI KAMPUS UNS DAN SEKITARNYA: POLA ALIRAN AIRTANAH, KUALITAS AIRTANAH DAN BESARNYA ALIRANPERMUKAAN (RUNOFF)TAHUN 2016 (Sebagai Implementasi Pembelajaran Geografi pada Kompetensi Dasar Hubungan Manusia dan Lingkungan Akibat Dinamika Hidrosfer Kelas X Sekolah Menengah Atas). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Oktober 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) pola aliran airtanah dangkal di sekitar Kampus Universitas Sebelas Maret, (2) kualitas airtanah sebagai syarat air bersih yang mengarah ke Kampus Universitas Sebelas Maret, dan (3) debit aliran permukaan di Kampus Universitas Sebelas Maret. Metodeyang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yang dilaksanakan dengan metode survei yang dianalisis menggunakan pendekatan spasial/keruangan. Data penelitian berumber dari data primer dan sekunder dengan teknik pengambilan data melalui observasi, analisis data sekunder dan uji laboratorium. Analisis data untuk menentukan pola aliran airtanah dangkal menggunakan metode Three Point Problem, sedangkan untuk menentukan kualitas airtanah sebagai syarat air bersih menggunakan metode mathcing, dan untuk menghitung debit aliran permukaan menggunakan rumus rasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa(1) airtanah dangkal di sekitar Kampus Universitas Sebelas Maret membentuk pola aliran airtanah dangkal yang mengarah ke Kampus, (2) kualitas airtanah yang mengarah ke Kampus dilihat dari parameter fisik dan kimia memenuhi standar baku mutu, sedangkan berdasarkan parameter mikrobiologi tidak memenuhi standar baku mutu sesuai dengan Permenkes RI No. 416/Menkes/IX/1990, dan(3) debit aliran permukaan (runoff) di Kampus Universitas Sebelas Maret sebesar 0,513 m3/detik. Kata Kunci :Airtanah Dangkal, Kualitas Airtanah Dangkal, dan Aliran Permukaan (Runoff)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 25 Mar 2017 22:20
    Last Modified: 25 Mar 2017 22:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32446

    Actions (login required)

    View Item