NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SYAIR KARUNGUT DAYAK NGAJU KALIMANTAN TENGAH DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMAN-1 KATINGAN HULU

ARNISYAH, SITI (2017) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SYAIR KARUNGUT DAYAK NGAJU KALIMANTAN TENGAH DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMAN-1 KATINGAN HULU. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1195Kb)

    Abstract

    Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis struktur syair Karungut suku Dayak Ngaju Kalimantan Tengah, 2) mendeskripsikan makna syair Karungut bagi masyarakat Dayak Ngaju, 3) menjelaskan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam syairKarungut Dayak Ngaju, dan 4) memaparkan relevansi Karungut Dayak Ngaju dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Katingan Hulu.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data penelitian berupa 1) antologi transkrip syair Karungut Dayak Ngajukarya Musir S dan Odong Lewak, 2) nilai-nilai karakter yang diperoleh dari setiap bait dan baris syair Karungut. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara dan analisis isi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif, dan pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teori. Berdasarkan paparan dalam rumusan masalah, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) struktur syair Karungut Dayak Ngaju berupa struktur lahir atau fisik dan struktur batin. Elemen-elemen dalam struktur tersebut memiliki keterkaitan satu sama lain sehingga menghasil satu apresiasi yang utuh bagi peneliti. 2) Di dalam setiap bait dan baris syair Karungut, secara umum memberikan makna bagi masyarakat Dayak Ngaju, seperti a) mengajarkan tentang nilai kehidupan, b) bentuk implementasi dari falsafah rumah betang, serta c) menghargai atau menghormati antar sesama. 3) ada tiga nilai karakter yang mendominasi keseluruhan syair karungut. Karakter tersebut meliputi: a) karakter cinta lingkungan, b) karakter nilai budaya, dan c) karakter potensi diri. 4) syair karungut Dayak Ngaju Kalimantan Tengah memiliki relevansi terhadap pembelajaran sastra di sekolah. Hal itu tercermin dalam Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran di kelas XII pada materi pembelajaran puisi. Karungut sebagai puisi tradisional yang digolongkan ke dalam bentuk syair dapat dikembangkan menjadi bahan ajar di SMAN-1 Katingan Hulu. Kata Kunci: Nilai Pendidikan Karakter, Karungut, Dayak Ngaju

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 25 Mar 2017 22:01
    Last Modified: 25 Mar 2017 22:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32440

    Actions (login required)

    View Item