PENGARUH PENGALAMAN MAGANG TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA (STUDI PADA MAGANG MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI DI MINI MARKET TANIA FKIP UNS)

A, ANA ERNITA KUSUMA (2017) PENGARUH PENGALAMAN MAGANG TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA (STUDI PADA MAGANG MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI DI MINI MARKET TANIA FKIP UNS). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (718Kb)

    Abstract

    Penelitian ini menjelaskan tentang pengalaman magang terhadap niat berwirausaha yang dimediasi oleh Theory of Planned Behavior (TPB). Pengalaman magang dibagi menjadi lima aspek yaitu sensory experiences, affective experiences, physics experiences, cognitive-creative experiences dan relation experiences, sehingga tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kelima aspek tersebut terhadap TPB dan dampaknya terhadap niat berwirausaha. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan teknik analisis data yang digunakan ialah Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS). Responden dalam penelitian ini ialah seluruh anggota populasi yaitu mahasiswa angkatan 2012 dan 2013 Program Studi Pendidikan Ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Sensory experiences berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap attitude toward behavior; sensory experiences berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap subjective norm; sensory experiences berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap perceived behavior control. (2) Affective experiences berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap attitude toward behavior; affective experiences berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap subjective norm; affective experiences berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap perceived behavior control. (3) Physic experiences berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap attitude toward behavior; artinya physic experiences berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap subjective norm; physic experiences berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap perceived behavior control. (4) Cognitive-creative experiences berpengaruh dan signifikan terhadap attitude toward behavior; cognitive-creative experiences berpengaruh positif dan signifikan terhadap subjective norm; cognitive-creative experiences berpengaruh positif dan signifikan terhadap perceived behavior control. (5) Relation experiences berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap attitude toward behavior; relation experiences berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap subjective norm; experiences berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap perceived behavior control. (6) Attitude toward behavior berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berwirausaha; subjective norm berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berwirausaha; perceived behavior control berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berwirausaha.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Sofi Wildan
    Date Deposited: 25 Mar 2017 20:00
    Last Modified: 25 Mar 2017 20:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32422

    Actions (login required)

    View Item