ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM KOMUNIKASI PENJUAL DAN PEMBELI DI PASAR HEWAN DUSUN PURWOREJO DESA JERON KECAMATAN NOGOSARI KABUPATEN BOYOLALI (Suatu Kajian Sosiolinguistik)

C, ARIDA NUR (2017) ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM KOMUNIKASI PENJUAL DAN PEMBELI DI PASAR HEWAN DUSUN PURWOREJO DESA JERON KECAMATAN NOGOSARI KABUPATEN BOYOLALI (Suatu Kajian Sosiolinguistik). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1574Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Arida Nur Cahyaningrum. C0112006. 2016. Alih Kode dan Campur Kode dalam Komunikasi Penjual dan Pembeli di Pasar Hewan Dusun Purworejo Desa Jeron Kecamatan Nogosari Kabupaten Boyolali (Suatu Kajian Sosiolingistik). Skripsi: Program Studi Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya Unversitas Sebelas Maret Surakarta. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah bentuk AK dan CK dalam komunikasi penjual dan pembeli di pasar hewan PJNB? (2) bagaimanakah fungsi AK dan CK dalam komunikasi penjual dan pembeli di pasar hewan PJNB? (3) bagaimanakah faktor yang melatarbelakangi penggunaan AK dan CK dalam komunikasi penjual dan pembeli di pasar hewan PJNB? Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan bentuk AK dan CK dalam komunikasi penjual dan pembeli di pasar hewan PJNB, (2) mendeskripsikan fungsi AK dan CK dalam komunikasi penjual dan pembeli di pasar hewan PJNB, dan (3) mendeskripsikan faktor yang melatarbelakangi penggunaan AK dan CK dalam komunikasi penjual dan pembeli di pasar hewan PJNB. Tingkatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini berasal dari informan dan tempat sasaran penelitian. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak dengan teknik sadap, SBLC, rekam, dan catat. Analisis data menggunakan metode distribusional dan padan. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) bentuk AK meliputi: (a) AK dari BJ ke dalam BI, (b) AK dari BI ke dalam BK, (c) Ak dari BJRN ke dalam BJRK, (d) AK dari BJRK ke dalam BJRN. Bentuk CK meliputi: (a) CK berwujud kata, (b) CK berwujud frasa, (c) CK berwujud pengulangan kata; (2) fungsi AK meliputi: (a) lebih argumentatif untuk meyakinkan kepada mitra tutur, (b) lebih komunikatif, (c) memberikan penghormatan, (d) mempertegas pembicaraan. Fungsi CK meliputi: (a) bahasa yang digunakan lebih bervariasi, (b) lebih mudah dipahami, (c) menegaskan penekanan atau maksud, (d) menunjukan identitas diri; (3) faktor yang melatarbelakangi penggunaan AK dan CK secara umum meliputi : (1) faktor sosial, (2) faktor situasional, (3) faktor lingual, dan (4) faktor praktikal. Kata kunci: alih kode, campur kode, penjual, pembeli, pasar hewan PJNB.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Sastra Daerah
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 25 Mar 2017 16:21
    Last Modified: 25 Mar 2017 16:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32420

    Actions (login required)

    View Item