TAKTIK IMPRESSION MANAGEMENT DIAN PELANGI MELALUI AKUN @DIANPELANGI (Studi Analisis Isi Taktik Impression Management Dian Pelangi Melalui Akun @dianpelangi Priode 22 September 2015 - 10 Desember 2015)

NST, ANGGIE ANGREINI (2017) TAKTIK IMPRESSION MANAGEMENT DIAN PELANGI MELALUI AKUN @DIANPELANGI (Studi Analisis Isi Taktik Impression Management Dian Pelangi Melalui Akun @dianpelangi Priode 22 September 2015 - 10 Desember 2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (67Kb)

    Abstract

    Menejemen kesan merupakan suatu upaya yang dilakukan seseorang yang terkadang dilakukan secara sadar maupun tidak sadar untuk menggambarkan gambaran dirinya kepada lawan bicaranya. Biasanya kesan yang akan diberikannya merupakan kesan yang baik agar lawan bicaranya dapat mempercayainya. Impression management awalnya di kembangkan oleh Goffman (1959). Dia mengatakan bahwa dalam pengelolaan kesan manusia memiliki dua sisi yaitu sisi depan dan belakang. Dalam sisi depan ditunjukkan dengan melakukan hal-hal yang dapat membuat dirinya disukai oleh orang lain, sedangkan sisi belakang merupakan sisi pribadi oleh orang tersebut, dia tidak akan menampilkan sisi belakangnya secara terang-terangan kepada orang lain. Pada tahun 1982 Jones dan Pittman (1982) membuat alat ukur dari manajemen kesan menjadi lima bagian, yaitu ingratiation, self-promotion, exemplification, intimidation dan supplication. Manajmen kesan dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik secara langsung maupun dengan menggunakan media. Media sosial merupakan salah satu media yang saat ini banyak digunakan. Tanpa disadari media sosial juga merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk menujukkan kesan kepada orang lain. Salah satu media sosial tersebut adalah instagram. Saat ini, instagram merupakan media sosial yang sangat digemari oleh masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa penggunaan taktik manajemen kesan yang dilakukan Dian Pelangi pada akun instagram (@Dianpelangi). Dian Pelangi merupakan salah satu desainer Indoensia yang berpengaruh di dunia internasional. Dian dikenal dengan berbagai karya-karya bajunya, dan juga memiliki kesan yan baik sehingga sering menjadi sorotan terutama melalui instagramnya. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif R. Holsti (2005) untuk menganalisa postingan foto Dian Pelangi pada periode 22 September 2015 – 10 Desember 2015. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahawa Dian Pelangi menggunakan empat taktik manajemen kesan. Dalam postingannya diketahui bahwa Dian paling banyak menggunakan taktik manajemen kesan ingratiation, kemudian ada beberapa taktik yang juga digunakan Dian seperti Self-Promotion, dan Supplication. Ketiga taktik yang digunakan Dian membuatnya terlihat baik, menarik, kompeten. Kata Kunci: impression management, taktik, Instagram, analisi isi, Dian Pelangi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 25 Mar 2017 16:12
    Last Modified: 25 Mar 2017 16:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32417

    Actions (login required)

    View Item