ANALISIS TINGKAT KECUKUPAN PELAYANAN FASILITAS KESEHATAN MASYARAKAT DI WILAYAH PESISIR KABUPATEN REMBANG TAHUN 2016 (Memperkaya Materi Pembelajaran SMA Kelas XII Kompetensi Dasar Menganalisis Pemanfaatan Peta dan Sistem Informasi Geografis (SIG) Untuk Inventarisasi Sumberdaya Alam, Perencanaan Pembangunan, Kesehatan Lingkungan, dan Mitigasi Bencana)

NAAIM, ACHMAD (2017) ANALISIS TINGKAT KECUKUPAN PELAYANAN FASILITAS KESEHATAN MASYARAKAT DI WILAYAH PESISIR KABUPATEN REMBANG TAHUN 2016 (Memperkaya Materi Pembelajaran SMA Kelas XII Kompetensi Dasar Menganalisis Pemanfaatan Peta dan Sistem Informasi Geografis (SIG) Untuk Inventarisasi Sumberdaya Alam, Perencanaan Pembangunan, Kesehatan Lingkungan, dan Mitigasi Bencana). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (417Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Achmad Naa’im. K5412001. ANALISIS TINGKAT KECUKUPAN PELAYANAN FASILITAS KESEHATAN MASYARAKAT DI WILAYAH PESISIR KABUPATEN REMBANG TAHUN 2016. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2016. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengetahui persebaran fasilitas kesehatan di wilayah pesisir Kabupaten Rembang tahun 2016, (2) Mengetahui tingkat aksesibilitas terhadap fasilitas kesehatan di wilayah pesisir Kabupaten Rembang tahun 2016, (3) Mengetahui kualitas pelayanan fasilitas kesehatan di wilayah pesisir Kabupaten Rembang tahun 2016, (4) Mengetahui rasio tingkat kecukupan pelayanan fasilitas kesehatan di wilayah pesisir Kabupaten Rembang tahun 2016, Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan spasial. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Purposive Sampling digunakan untuk memilih sampel responden yang diwawancarai mengenail kualitas pelayanan Puskesmas dan Puskesmas Pembantu. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis data primer, data sekunder dan tabel silang. Hasil penelitian ini adalah : (1) Fasilitas kesehatan yang ada di wilayah pesisir Kabupaten Rembang tahun 2016 terdiri dari 9 Puskesmas dan 31 Puskesmas Pembantu yang tersebar di 6 kecamatan. (2) Tingkat aksesibilitas di wilayah pesisir Kabupaten Rembang terdiri dari aksesibilitas menuju Puskesmas dan Puskesmas Pembantu, (3) Kualitas pelayanan fasilitas kesehatan terdiri dari: (a) Kualitas Puskesmas di wilayah pesisir Kabupaten Rembang terdiri dari 3 Puskesmas berkualitas sangat baik, 5 Puskesmas berkualitas baik dan 1 Puskesmas berkualitas cukup (b) Kualitas Puskesmas Pembantu di wilayah pesisir Kabupaten Rembang terdiri dari 7 Puskesmas Pembantu berkualitas sangat baik, 18 Puskesmas Pembantu berkualitas baik dan 6 Puskesmas Pembantu berkualitas cukup. (4) Tingkat kecukupan fasilitas kesehatan di wilayah pesisir Kabupaten Rembang tahun 2016 yaitu seluruh kecamatan di wilayah pesisir Kabupaten Rembang telah tercukupi. Kata Kunci : Fasilitas Kesehatan, Pelayanan, Aksesibilitas

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 25 Mar 2017 16:02
    Last Modified: 25 Mar 2017 16:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32413

    Actions (login required)

    View Item