STRATEGI PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI BERBASIS UBIKAYU DI KABUPATEN WONOGIRI

SURYA, YUNA PANJI (2017) STRATEGI PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI BERBASIS UBIKAYU DI KABUPATEN WONOGIRI. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (63Kb)

    Abstract

    RINGKASAN Yuna Panji Surya. S641108011. “Strategi Pengembangan Agroindustri Berbasis Ubi Kayu Di Kabupaten Wonogiri”. Tesis Program Pascasarjana Program Studi Agribisnis Universitas Sebelas Maret Surakarta. Pembimbing (1) Dr. Ir. Sri Marwanti, MS, (2) Dr. Ir. Kusnandar MSi Agroindustri ubi kayu sebagaimana agroindustri lain memiliki masalah yang sama dalam pengembangan. Permasalahan dalam pengembangan antara lain adalah belum adanya kerjasama atau ikatan usaha yang terbangun secara memadai antar usaha tersebut. Hal ini berimplikasi pada tidak tercapainya tujuan pengembangan karena pelaku usaha tidak mendapatkan manfaat yang proporsional. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman agroindustri berbasis ubi kayu; 2) Menentukan elemen dan sub elemen yang terkait dengan pengembangan agroindustri berbasis ubi kayu serta hubungan dan hierarkinya; 3) Menentukan strategi pengembangan agroindustri ubi kayu. Analisis lingkungan internal dan eksternal untuk mendapatkan matriks IE yang memposisikan agroindustri berbasis ubi kayu di Kabupaten Wonogiri berada pada sel II. Industri pada posisi sel II dapat digambarkan sebagai tumbuh dan membangun dengan strategi intesif yang paling tepat diterapkan. Strukturisasi sistem terhadap 5 (lima) elemen pengembangan dengan menggunakan Interpretive Structural Modelling (ISM) dengan sub elemen kunci yakni: 1) elemen kendala program sub elemen kuncinya adalah masih rendahnya manajerial dari pelaku usaha agroindustri dan masih kurangnya akses permodalan oleh pelaku usaha; 2) elemen tolok ukur untuk menilai setiap tujuan didapatkan sub elemen kuncinya adalah bahan baku tersedia secara kontinyu; 3) elemen tujuan program didapatkan sub elemen kuncinya adalah proses produksi yang semakin efisien; 4) elemen aktivitas yang dibutuhkan guna merancang tindakan didapatkan sub elemen kuncinya adalah koordinasi antar lembaga yang terkait;dan 5) elemen lembaga yang terlibat dalam pelaksanaan program didapatkan sub elemen kuncinya adalah Pemerintah Pusat dan Perguruan Tinggi. Implementasi Strategi berdasarkan skenario pengembangan dengan melakukan langkah-langkah operasional sebagai berikut: Penetrasi Pasar dilakukan dengan langkah langkah yakni: meningkatan kemampuan pemasaran pelaku usaha, menyediakan bahan baku secara kontinyu dan menyelenggarakan even-even promosi/pameran. Pengembangan Pasar dilakukan dengan membuka saluran distribusi baru, menumbuhkan kemitraan dalam pemasaran dan proses produksi yang efisien dan kontinyu. Pengembangan Produk dilakukan dengan melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi dan lembaga penelitian dalam inovasi produk, menyebarkan informasi teknologi baru dan memperbaiki manajemen usaha pelaku agroindustri berbasis ubikayu. Kata Kunci: agroindustri, ubikayu, strategi, analisis Internal-Eksternal, ISM

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Agribisnis - S2
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 25 Mar 2017 14:21
    Last Modified: 25 Mar 2017 14:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32409

    Actions (login required)

    View Item