Pengembangan Instrumen Penilaian Three-Tier Multiple Choice (Three-Tier MC) untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Kimia Larutan Penyangga Kelas XI SMA

ROSYANA, WIAD (2017) Pengembangan Instrumen Penilaian Three-Tier Multiple Choice (Three-Tier MC) untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Kimia Larutan Penyangga Kelas XI SMA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (617Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian Three-Tier MC dengan kriteria baik ditinjau dari validitas, reliabilitas, analisis kualitas butir soal, dan analisis pengecoh serta mengembangkan instrumen penilaian Three-Tier MC menjadi instrumen penilaian yang dapat dijadikan sebagai alat ukur keterampilan berpikir kritis siswa pada materi larutan penyangga. Penelitian dan pengembangan instrumen penilaian Three-Tier MC ini menggunakan prosedur Borg and Gall yang terdiri dari melakukan penelitian dan pengumpulan informasi; membuat perencanaan; mengembangkan rancangan awal produk (draft); melakukan uji coba lapangan awal; melakukan revisi produk utama; melakukan uji lapangan utama; melakukan revisi produk operasional; melakukan uji lapangan operasional;, dan melakukan revisi produk akhir. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Sragen, SMAN 2 Sragen, dan SMAN 3 Sragen. Validasi dari instrumen penilaian Three-Tier MC ini menggunakan rumus Aiken dengan 8 validator. Teknik penskoran yang digunakan merupakan penskoran yang bersifat politomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian Three-Tier MC yang telah dikembangkan termasuk dalam kategori yang baik ditinjau dari segi validitasnya yang lebih dari 0,75 dan dikatakan valid; reliabilitasnya termasuk dalam sedang, daya pembedanya tidak ada yang bernilai negatif dengan persentase jelek 8,89%, cukup baik 20%, baik 24,44%, sangat baik 46,67%; soal yang memiliki tingkat kesukaran mudah dan sukar tidak mendominasi dengan persentase soal mudah 15,56%, sedang 73,33%, sukar 11,11%; dan semua pengecoh berfungsi dengan baik yang ditunjukkan tidak adanya nilai indeks pengecoh 0,000; serta instrumen penilaian Three-Tier MC yang telah dikembangkan pada materi larutan penyangga dapat digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa. Kata kunci : instrumen penilaian, Three-Tier MC, keterampilan berpikir kritis, larutan penyangga. Sistem Upload Eprints Logout

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 22 Oct 2017 16:04
    Last Modified: 22 Oct 2017 16:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32404

    Actions (login required)

    View Item