Pengembangan modul kimia berbasis pendekatan SETS (science, environment, technology, and society) pada materi stiokiometri kelas X semester genap SMK

VIDA, TANJUNG MAYANG (2017) Pengembangan modul kimia berbasis pendekatan SETS (science, environment, technology, and society) pada materi stiokiometri kelas X semester genap SMK. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (755Kb)

    Abstract

    Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai bentuk satuan pendidikan kejuruanmerupakan lembaga pendidikan menengah yang harus mempersiapkan siswa untuk bekerja dalam bidang tertentu, meskipun peluang untuk melanjutkan ke jenjangpendidikan lebih tinggi maupun berwirausaha juga terbuka lebar. Hal ini menentukanpola pembelajaran di SMK yang harus menerapkan konsep dengan diikuti pencapaian kecakapan sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Salah satu tujuannya adalahmemberikan bekal kepada siswa agar tertanam sikap ulet, tangguh danprofesional sesuai bidang yang diminatinya.Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan modul kimia berbasis pendekatan SETS pada materi stoikiometri SMK kelas X dapat digunakan sebagai sumber belajar siswa; 2) kelayakan modul kimia berbasis pendekatan SETS pada materi stoikiometri SMK kelas X; 3) mengetahui keefektivan modul kimia dengan menggunakan pendekatan SETS pada materi stoikiometri siswa SMK kelas X. Penelitian pengembangan modul kimia berbasis pendekatan SETS ini merupakan penelitian pengembangan (R & D) dengan menggunakan model dari Borg and Gall yang digunakandalam 9 tahap. Analisis data yang digunakan selama pengembangan adalah analisis deskriptif, analisis kelayakan modul berdasarkan skor kriteria, analisis hasil belajar siswa aspek pengetahuan melalui t-tes dan nilai KKM, analisis hasil belajar siswa aspek keterampilan dan sikap berdasarkan nilai KKM. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) hasil setiap langkah pengembangan modul kimia berbasis pendekatan SETS adalah tersusunnya modul kimia yang telah direvisi berdasarkan saran dan masukkan dari konsultan ahli modul, validator modul dan telah diuji cobakan kepada pengguna modul pada uji coba skala terbatas, uji coba skala menengah dan uji coba skala luas; 2) modul kimia berbasis pedekatan SETS pada materi stoikiometri berdasarkan hasil penilaian oleh ahli pembelajaran, materi, media, bahasa dan pendidikan, dapat dinyatakan layak secara aspek isi, kebahasaan, sajian, dan kegrafisan serta mempunyai kategeori “baik” berdasarkan hasil respon siswa dan guru sebagai pengguna di lapangan pada uji coba skala terbatas, uji coba skala menengah dan uji coba skala luas; 3) modul kimia berbasis pendekatan SETS efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi stoikiometri, yang ditunjukkan perbedaan hasil belajar yang signifikan yaitu kelas eksperimen mempunyai hasil belajar lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 25 Mar 2017 13:49
    Last Modified: 25 Mar 2017 13:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32402

    Actions (login required)

    View Item