MOdel Persediaan Terintegrasi Satu-Produsen Multi-Produsen dengan Kendala Biaya Persiapan Produksi dan Pengoptimalan Jalur Transportasi

N, SITI ZULFA CHOIRUN (2017) MOdel Persediaan Terintegrasi Satu-Produsen Multi-Produsen dengan Kendala Biaya Persiapan Produksi dan Pengoptimalan Jalur Transportasi. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (342Kb)

    Abstract

    Manajemen persediaan digunakan untuk menentukan berapa banyak barang yang harus dipesan dan kapan pemesanan kembali dilakukan. Penelitian ini membahas tentang model persediaan terintegrasi satu-produsen mullti-pengecer dengan kendali biaya persiapan produksi, pengoptimalan jalur transportasi, dan kendala tingkat layanan pada kasus partial backorder. Produsen memproduksi barang yang dipesan kemudiaan mengirimkan pesanan kepada pengecer dengan lokasi yang berbeda menggunakan kendaraan yang memiliki kapasitas sama. Dalam penelitian ini tujuan dari produsen adalah mengurangi biaya persiapan produksi, sedangkan tujuan darpengecer adalah mengurangi waktu tunggu. Waktu tunggu dapat dikurangi dengan menambahkan biaya pengurangan waktu tunggu (crashing cost), kecuali waktu transportasi. Permintaan selama waktu tunggu diasumsikan berdistribusi normal. Kendala tingkat layanan ditambahkan sebagai ganti biaya kekurangan persediaan. Rute perjalanan yang optimal diperoleh dengan menyelesaikan vehicle routing problem (VRP) Tujuan penelitian ini untuk menurunkan model persediaan terintegrasi satuprodusen multi-pengecer, menentukan penyelesaian optimal dari variabel keputusan menggunakan metode Lagrange dan rute distribusi menggunakan metode Clark-Wright Algorithm dan menerapkan model persediaan terintegrasi pada contoh kasus. Selanjutnya, berdasarkan penerapan, biaya total terintegrasi optimal pada iterasi ketiga.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 25 Mar 2017 11:48
    Last Modified: 25 Mar 2017 11:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32398

    Actions (login required)

    View Item