PEMBERIAN GLUTAMIN PASIEN KANKER NASOFARING YANG MENDAPAT TERAPI RADIASI Dengan Menilai Respon Klinik Efek Samping, Penurunan Volume Tumor, dan Kadar IL6, TNFα, Limfosit T CD4, Sel NK sebagai Parameter

BUDIANTI, RITA (2017) PEMBERIAN GLUTAMIN PASIEN KANKER NASOFARING YANG MENDAPAT TERAPI RADIASI Dengan Menilai Respon Klinik Efek Samping, Penurunan Volume Tumor, dan Kadar IL6, TNFα, Limfosit T CD4, Sel NK sebagai Parameter. PhD thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (655Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pemberian Glutamin mengurangi efek samping radiasi dan penurunan volume tumor pasien KNF serta untuk mengetahui perubahanIL-6, TNFα, Limfosit T CD 4,dan sel NK. Desain penelitian kuantitatif eksperimental paralel longitudinal, double blind randomized control trial.Subjek penelitian 40 pasien KNF yang diradiasi, dibagi menjadi 2 kelompok secara acak, terdiri atas 20 pasien sebagai kelompok kontrol yang mendapat pengobatan radiasi dan 20 pasien yang mendapat pengobatan radiasi ditambah pengobatan glutamin sebagai kelompok perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan penambahan Glutamin pada kelompok perlakuan dapat menurunkan efek samping radiasi dan menurunkan volume tumor secara sangat bermakna dibandingkan deangan kelompok kontrol. Penurunan efek samping yang bermakna terjadi pada mukosa, ludah, dan faring esofagus, sedangkan yang tidak bermakna pada kulit, laring, gastro intestinal, dan telinga.Kadar IL6 secara sangat bermakna lebih tinggi pada kelompok kontrol dari pada perlakuan sebelum dan sesudah radiasi. Pada kelompok kontrol ada peningkatan kadar TNFα secara sangat bermakna lebih tinggi dari pada kelompok perlakuan. Ada perbedaan secara sangat bermakna kadar Limfosit T CD4 sebelum dan sesudah radiasi. Pada kelompok kontrol terjadi penurunan kadar Limfosit T CD4 dan peningkatan pada kelompok perlakuan. Ada perbedaan sangat bermakna kadar sel NK sebelum dan sesudah radiasi. Pada kelompok kontrol terjadi penurunansel NK dan peningkatan pada kelompok perlakuan. Berdasarkan derajat efek samping didapatkan perbedaan bermakna perubahan IL6, TNFα, Limfosit T CD4, sel NK dan pada kelompok pasien yang mengalami efek samping pada mukosa ringan dan sedang tetapi analisis terhahadap efek samping kulit tidak bermakna. Simpulan penelitian pemberian glutamin dapat secara sangat bermakna mengurangi efek samping radiasi pada mukosa, kelenjar ludah, faring-esophagus,dan menurunkan volume tumor pasien KNF. Disamping itu terbukti adanya hubungan antara penurunan kadar IL-6, TNFαdan efek samping radiasi tingkat ringan dan sedang. Demikian pula terbukti ada hubungan antarakadar limfosit T CD4, sel NK dan penurunan volume tumor pasien KNF yang mendapat radiasi. Kata kunci: glutamin, kanker nasofaring, radiasi, efek samping, volume tumor, IL6, TNFα, Limfosit TCD4, dan sel NK.

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Doktor
    Pasca Sarjana > Doktor > Ilmu Kedokteran - S3
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 25 Mar 2017 11:02
    Last Modified: 25 Mar 2017 11:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32393

    Actions (login required)

    View Item