Pengembangan Modul Kimia Berbasis Saintifik 5M yang dilengkapi Mind Map pada Materi Koloid untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Kelas XI

SETYAWATI, RINA (2017) Pengembangan Modul Kimia Berbasis Saintifik 5M yang dilengkapi Mind Map pada Materi Koloid untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Kelas XI. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (339Kb)

    Abstract

    Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil tahap pengembangan modul kimia berbasis saintifik 5M yang dilengkapi mind map pada materi koloid; (2) kelayakan modul kimia berbasis saintifik 5M yang dilengkapi mind map pada materi koloid untuk meningkatkan hasil belajar; (3) keefektifan modul kimia berbasis saintifik 5M yang dilengkapi mind map pada materi koloid untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengacu pada prosedur penelitian pengenbangan Borg & Gall yang dimodifikasi menjadi 9 tahap. Modul divalidasi oleh para validator dan kemudian dinilai oleh responden berdasarkan isi, penyajian, kegrafikan dan bahasa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode angket, observasi dan tes. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara pada analisis kebutuhan awal; saran para validator pada tahap validasi; dan saran dari para responden pada tahap uji coba skala kecil, menengah dan lapangan. Data kuantitatif diperoleh dari hasil validasi modul; angket respon pada tahap uji coba skala kecil, menengah dan lapangan; serta hasil belajar siswa yang meliputi aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil pengembangan modul kimia berbasis saintifik 5M yang dilengkapi mind map pada materi koloid telah divalidasi dan direvisi sesuai dengan saran para konsultan ahli dan validator serta telah diujicobakan kepada pengguna pada uji coba skala kecil, menengah dan lapangan; (2) modul kimia berbasis saintifik 5M yang dilengkapi mind map pada materi koloid yang dikembangkan mendapat penilaian dengan kategori sangat baik sehingga layak digunakan; (3) modul kimia berbasis saintifik 5M yang dilengkapi mind map pada materi koloid efektif untuk meningkatkan hasil belajar yang ditunjukkan dengan perbedaan hasil belajar siswa di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 25 Mar 2017 10:57
    Last Modified: 25 Mar 2017 10:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32391

    Actions (login required)

    View Item