Isolasi, Seleksi, dan Identifikasi Jamur Penghasil Xilanase dari Serasah Daun Salak Pondoh (Salacca zalacca var. pondoh)

HASANAH, ULFAH (2017) Isolasi, Seleksi, dan Identifikasi Jamur Penghasil Xilanase dari Serasah Daun Salak Pondoh (Salacca zalacca var. pondoh). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (379Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Xilan merupakan komponen utama yang menyusun struktur hemiselulosa. Xilanase merupakan enzim ekstraseluler yang dapat merombak xilan menjadi xilosa atau xilooligosakarida yang banyak digunakan dalam industri. Produksi xilanase menggunakan mikroorganisme dianggap menguntungkan dan dapat menekan biaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan isolat jamur potensial yang memiliki kemampuan xilanolitik sebagai sumber xilanase dari serasah daun salak pondoh (Salacca zalacca var. pondoh). Pada penelitian ini jamur diisolasi dari serasah daun salak pondoh. Isolasi jamur dari serasah daun salak pondoh dengan media potato dextrose agar (PDA). Skrining jamur xilanolitik dilakukan dengan menumbuhkan isolat pada media uji berupa media mineral yang mengandung xylan 1%. Isolat jamur yang memliki aktivitas mendegradasi xilan akan membentuk zona bening di sekitar koloni. Untuk memperjelas zona bening dilakukan pewarnaan dengan Congo-red 0,1%. Penelitian ini berhasil mendapatkan 16 isolat jamur yang positif menghasilkan xilanase yang berasal dari serasah daun salak pondoh. Kata kunci: Jamur, serasah, xilan, xilanase

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QL Zoology
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 25 Mar 2017 10:17
    Last Modified: 25 Mar 2017 10:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32382

    Actions (login required)

    View Item