PENGGUNAAN MODEL PROBLEM SOLVING DAN MODEL PROBLEM POSING DISERTAI BRIDGE CARD GAME TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI DITINJAU DARI KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS SISWA KELAS X SMA WAHIDIYAH KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

SUBANDIYANTORO, SUBANDIYANTORO (2017) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM SOLVING DAN MODEL PROBLEM POSING DISERTAI BRIDGE CARD GAME TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI DITINJAU DARI KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS SISWA KELAS X SMA WAHIDIYAH KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (187Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model problem solving dan problem posing disertai bridge card game, kreativitas, kemampuan berpikir analitis, dan interaksinya terhadap prestasi belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa. Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dan dilaksanakan dari bulan Juli 2015-Juli 2016. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X SMA Wahidiyah Kediri semester II Tahun Pelajaran 2015/2016. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas X-2 dan X-4 yang diperoleh menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas X-2 diberi pembelajaran model problem solving disertai bridge card game dan kelas X-4 diberi pembelajaran model problem posing disertai bridge card game. Data dikumpulkan dengan teknik tes untuk prestasi belajar kognitif, ranah psikomotor serta kemampuan berpikir analitis sedangkan teknik non tes menggunakan angket untuk kreativitas dan ranah afektif. Hipotesis diuji Anava melalui software SPSS 23 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan: 1) Ada pengaruh model problem solving dan model problem posing disertai bridge card game terhadap prestasi belajar kognitif, afektif, dan psikomontorik; 2) Ada pengaruh kemampuan berpikir analitis siswa terhadap prestasi belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik; 3) Ada pengaruh kemampuan Berpikir analitis siswa terhadap prestasi belajar kognitif, afektif, dan psikomontorik; 4) Ada interaksi antara model problem solving dan model problem posing disertai bridge card game dengan kemampuan berpikir analitis terhadap prestasi belajar kognitif, dan afektif, sedangkan terhadap prestasi belajar psikomontorik siswa tidak ada interaksi; 5) Tidak ada interaksi antara model problem solving dan model problem posing disertai bridge card game dengan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik; 6) Tidak ada interaksi antara kemampuan berpikir analitis dengan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik; 7) Tidak ada interaksi antara model problem solving dan model problem posing disertai bridge card game, kemampuan berpikir analitis, dan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik. Kata Kunci: Problem solving, Problem posing, Bridge card game, Kreativitas, Berpikir analitis, Prestasi belajar

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 25 Mar 2017 10:10
    Last Modified: 25 Mar 2017 10:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32379

    Actions (login required)

    View Item