PENGARUH PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PT WIRASINDO SANTAKARYA

S, RIVAN ALVIAN P (2017) PENGARUH PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PT WIRASINDO SANTAKARYA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (882Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi permasalahan tentang promosi melalui promosi langsung dan tidak langsung di PT Wirasindo Santakarya. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dengan melakukan wawancara langsung kepada staff marketing dan HRD PT Wirasindo Santakarya. Data sekunder diperoleh dari PT Wirasindo Santakarya, data sekunder meliputi data biaya promosi,pendapatan perusahaan, pendapatan melalui promosi dari tahun 2012 – 2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi yang diterapkan oleh PT Wirasindo Santakrya yaitu dengan periklanan, sales promotion, humas dan promosi langsung. Strategi promosi langsung PT Wirasindo Santakarya dengan melakukan dengan cara pameran dagang, dan sales promotion. Strategi promosi tidak lagsung pada PT Wirasindo Santakarya adalah perusahaan membuat website, katalog, brosur, pamflet produk, via e-mail, dan via phone. Implikasi dari strategi promosi perusahaan menghasilkan pendapatan dari periklanan sebesar 60%, sales promotion 5%, Humas 20%, promosi langsung 15%. Hambatan yang dihadapi perusahaan dalam melaksanakan kegiatan promosi adalah biaya yang tinggi, kurang memaksimalkan media promosi, produk yang tidak sesuai keinginan buyer. Dalam menangani permasalahan yang dihadapi perusahaan dalam melakukan promosi adalah menyiapkan dana tersendiri untuk promosi, memberikan pelayanan yang baik kepada calon buyer, bekerja sama dengan media partner dalam membuat katalog produk, memberikan penawaran yang menarik kepada buyer. Rekomendasi penelitian ini adalah: a) Perusahaan harus dapat memaksimalkan strategi promosi yang diterapkan oleh perusahaan khususnya dalam mengikuti pameran. b) Saat melakukan pameran membawa produk yang digunakan sehari-hari seperti kursi dan meja makan. c) Strategi harga perushaan sebaiknya memberikan penawaran harga produk yang sejenis yang lebih murah dari perusahaan lain. Kata Kunci: Ekspor, Furniture, promosi langsung dan promosi tidak langsung.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Perdagangan
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 25 Mar 2017 09:38
    Last Modified: 25 Mar 2017 09:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32373

    Actions (login required)

    View Item