POLA KOMUNIKASI PASANGAN YANG MENJALANI HUBUNGAN PACARAN JARAK JAUH (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Pasangan yang Menjalani Hubungan Pacaran Jarak Jauh atau Long Distance Relationship (LDR) Dalam Memelihara Hubungan di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Program S-1 Transfer Prodi Ilmu Komunikasi Non Reguler 2014 UNS)

OKFRIANA, RAISSA (2017) POLA KOMUNIKASI PASANGAN YANG MENJALANI HUBUNGAN PACARAN JARAK JAUH (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Pasangan yang Menjalani Hubungan Pacaran Jarak Jauh atau Long Distance Relationship (LDR) Dalam Memelihara Hubungan di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Program S-1 Transfer Prodi Ilmu Komunikasi Non Reguler 2014 UNS). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (438Kb)

    Abstract

    RAISSA OKFRIANA, D1214066, PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI NON REGULER, POLA KOMUNIKASI PASANGAN YANG MENJALANI HUBUNGAN PACARAN JARAK JAUH (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Pasangan yang Menjalani Hubungan Pacaran Jarak Jauh atau Long Distance Relationship (LDR) Dalam Memelihara Hubungan di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Program S-1 Transfer Prodi Ilmu Komunikasi Non Reguler 2014 UNS). LDR (Long distance relationship) atau yang disebut dengan pacaran jarak jauh dapat terjadi apabila pasangan tersebut berada di tempat yang berbeda dan dipisahkan oleh jarak yang tidak memungkinkan adanya kedekatan fisik untuk periode waktu tertentu. Para pasangan yang menjalani LDR (Long distance relationship), umumnya memiliki usaha lebih untuk menjaga sebuah hubungan daripada mereka yang tidak mengalami hubungan pacaran jarak jauh. Namun dengan semakin berkembangnya teknologi komunikasi, jarak tidak menjadi hambatan dalam menjalin hubungan dengan pasangan. Teknologi komunikasi yang semakin canggih memungkinkan sebuah pasangan dapat menjaga ikatan mereka. Secara tidak langsung terbentuklah pola komunikasi yang berbeda dengan pola komunikasi tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi pasangan yang menjalani hubungan pacaran jarak jauh dalam memelihara hubungan di kalangan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Program S-1 Transfer Prodi Ilmu Komunikasi Non Reguler 2014 UNS. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan sumber utama yang diperoleh dari wawancara dan observasi, sedangkan data pedukung diperoleh dari dokumen serta data pendukung lainnya. Teknik analisa dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pola komunikasi pasangan yang menjalani hubungan pacaran jarak jauh atau long distance relationship (LDR) dalam memelihara hubungan dengan menggunakan media handphone yang berupa whatsapp, bbm, line, dan video call. Pesan yang disampaikan berupa perhatian, memberikan hadiah dan mengatakan “i love you”. Komunikator dan komunikan dapat diketahui dari inisiatif dalam berkomunikasi. Efek yang ditimbulkan dari pola komunikasi ini dengan menjaga kepercayaan (trush each other), menjaga keintiman atau kedekatan (keep the romance alive) dan meningkatkan komitmen (increase commitment). *Kata Kunci: Pola Komunikasi, Hubungan Jarak Jauh.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 25 Mar 2017 14:02
    Last Modified: 25 Mar 2017 14:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32368

    Actions (login required)

    View Item