PENGARUH MOTIF MENGAKSES MEDIA SOSIAL DALAM MEMBANGUN MINAT TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL (Analisis Structural Equation Modeling Pengaruh Motif Melihat-lihat, Motif Ekspresi Diri, Motif Pengarsipan, Motif Interaksi Sosial, dan Motif Pelarian dalam Membangun Minat Menggunakan Instagram dan Path pada Mahasiswa Universitas Sebelas Maret)

RAMADHANI, PUTRI AYU (2017) PENGARUH MOTIF MENGAKSES MEDIA SOSIAL DALAM MEMBANGUN MINAT TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL (Analisis Structural Equation Modeling Pengaruh Motif Melihat-lihat, Motif Ekspresi Diri, Motif Pengarsipan, Motif Interaksi Sosial, dan Motif Pelarian dalam Membangun Minat Menggunakan Instagram dan Path pada Mahasiswa Universitas Sebelas Maret). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (747Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Putri Ayu Ramadhani D1214063. Pengaruh Motif Mengakses Media Sosial dalam Membangun Minat Terhadap Menggunakan Media Sosial. Program Studi Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Instagram dan Path merupakan media sosial yang sedang populer di kalangan orang dewasa muda. Tidak sedikit dari orang dewasa muda yang menghabiskan waktunya untuk mengakses kedua media sosial tersebut sekaligus. Padahal dengan menggunakan satu media sosial saja, orang dewasa muda dapat berinteraksi dengan teman dan keluarga yang memiliki jarak dekat maupun jauh. Penelitian berbasis pada Teori Uses and Gratification mengenai minat menggunakan Instagram dan Path yang dibangun melalui motif mengakses media sosial Eunji dkk (2015) yang melibatkan motif melihat-lihat, motif ekspresi diri, motif pengarsipan, motif interaksi sosial, dan motif pelarian. Responden dalam penelitian ini merupakan mahasiswa dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, dan Fakultas Seni Rupa Universitas Sebelas Maret. Teknik sampling dilakukan secara bertahap menggunakan cluster sampling di tingkat fakultas, setelahnya menggunakan simple random sampling di tiap kelompok cluster dan kelompok program studi di bawah fakultas. Responden direkrut dengan menggunakan kriteria: mahasiswa program studi yang telah ditentukan dan pengguna aktif Instagram dan Path minimal enam bulan. Penelitian ini dilakukan dari bulan Agustus s/d September 2016 dengan jumlah sampel 110. Metode analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hal ini disebabkan pengukuran pengaruh motif melibatkan berbagai atribut indikator yang dianggap relevan mencerminkan setiap aspek yang ingin diukur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pengaruh motif terhadap minat menggunakan Instagram fit dengan nilai RMSEA 0.051 dan P-value 0.05670 dan model pengaruh motif terhadap minat menggunakan Path fit dengan nilai RMSEA 0.038 dan P-value 0.18606. Model menunjukkan adanya pengaruh secara simultan motif melihat-lihat, motif ekspresi diri, motif pengarsipan, motif interaksi sosial dan motif pelarian terhadap minat menggunakan Instagram dan Path. Tiga variabel yang mempunyai kontribusi terbesar dalam pengaruh motif terhadap minat menggunakan Instagram adalah motif melihat-lihat (0.66), motif interaksi sosial (0.65), dan motif ekspresi diri (0.64) Pada media sosial Path pengaruh motif melihat-lihat (1.00), motif interaksi sosial (0.82), motif ekspresi diri (0.79) memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap minat dibandingkan dengan Instagram. Kata Kunci: Motif Melihat-lihat, Motif Ekspresi Diri, Motif Pengarsipan, Motif Interaksi Sosial, Motif Pelarian, Minat Menggunakan Media Sosial ABSTRACT Putri Ayu Ramadhani D1214063. Influence of Motives Accessing Social Media of Building Interests Against Using Social Media.Communication Studies Faculty of Social Political Sciences, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Instagram and Path are social media currently popular among young adults. Many young adults who spend time to access both the social media. in fact, using one social media, young adults can interact with friends and family who near and far away. Research based on the theory of Uses and Gratification of the interest in using Instagram and Path are built through social media access motives by Eunji et al (2015) which involves the peeking, self-expression, archiving, social interaction, and escapism. The research population were students of Social Science And Politic Faculty, Economy and Bussines Faculty, Agricultur Faculty, Technic Faculty, and Art Faculty in Universitas Sebelas Maret. The sampling technique used multi-stage sampling methods using cluster sampling in faculty stage, next simple random sampling is used in every cluster group and major group under faculty. Respondents recruited using two criterias such as student of the chosen major, Instagram’s user and Path’s user, and recently using Instagram and Path no shorter than six months. This research was done from August 2016 to September 2016 with 110 samples. The data analyzed by Structural Equation Modeling (SEM). This is due to the measurement of the influence of a motives involving various attributes that are considered relevant indicators reflect every aspect to be measured. The results of this research shows that the influence of motives against interest use Instagram model is fit, with RMSEA 0.051 and P-value 0.05670 and the influence of motives against interest use Path model is fit, with RMSEA 0.038 and P-value 0.18606. The models show the effect of simultaneous that there are influence of peeking, self-expression, archiving, social interaction, and escapism of building interests against use Instagram and Path. Three variables with largest contribution of motives influence against interest use Instagram are peeking (0.66), social interaction (0.65), and self-expression (0.64). On social media Path influence of peeking (1.00), social interaction (0.82), and self-expression (0.79) have a greater influence on the interest as compared to Instagram. Keywords: peeking, self-expression, archiving, social interaction, escapism, interests using social media

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 25 Mar 2017 09:03
    Last Modified: 25 Mar 2017 09:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32365

    Actions (login required)

    View Item