PEMBELAJARAN EKONOMI MELALUI JIGSAW DAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP INTERAKSI SISWA DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS X SMA BATIK 1 SURAKARTA

NUGROHO, MOHAMAD SETIO (2017) PEMBELAJARAN EKONOMI MELALUI JIGSAW DAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP INTERAKSI SISWA DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS X SMA BATIK 1 SURAKARTA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (203Kb)

    Abstract

    Mohamad Setio Nugroho. 2016. Pembelajaran Ekonomi Melalui Jigsaw Dan Group Investigation Terhadap Interaksi Belajar Siswa Dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas X SMA BATIK 1 SURAKARTA. TESIS. Pembimbing I : Prof. Dr. Sigit Santosa, M.Pd., Pembimbing II : Dr. Djoko Santosa Th, M.Pd Program Studi Magister Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi siswa merupakan variabel moderasi antara metode pembelajaran jigsaw dan group investigation terhadap sikap ilmiah siswa. Penelitian Deskriptif dapat dilakukan secara kuantitatif agar dapat dilakukan analisis statistic Populasi penelitian ini adalah tiga kelas X mulai dari kelas X IPS-1 sampai kelas X IPS-5. Dari Tiga kelas tersebut diambil 2 kelas sebagai sampel yang dipilih dengan metode cluster-sampling yang berjumlah 90 orang siswa. Analisis data dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil pengolahan data, disimpulkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh Pembelajaran Ekonomi Melalui Metode Pembelajaran Jigsaw Terhadap Interaksi belajar Siswa dengan ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi sebesar 0,295 didukung oleh nilai t hitung sebesar 7,480 dengan signifikansi sebesar 0,000<0,05. 2) Terdapat pengaruh Pembelajaran Ekonomi Melalui Metode Pembelajaran Group Investigation Terhadap Interaksi belajar Siswa dengan ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi sebesar 0,253 didukung oleh nilai t hitung sebesar 5,798 dengan signifikansi sebesar 0,000<0,05. 3) Terdapat pengaruh Pembelajaran Ekonomi Melalui Metode Pembelajaran Jigsaw Terhadap Interaksi belajar Siswa dengan ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi sebesar 0,695 didukung oleh nilai t hitung sebesar 7.194 dengan signifikansi sebesar 0,000<0,05. 4) Terdapat pengaruh Pembelajaran Ekonomi Melalui Metode Pembelajaran Group Investigation Terhadap Interaksi belajar Siswa dengan ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi sebesar 0,610 didukung oleh nilai t hitung sebesar 5.725 dengan signifikansi sebesar 0,000<0,05. 5) Penelitian yang telah dilakukan ini menunjukkan hasil bahwa interaksi belajar siswa menjadi variabel moderasi pengaruh antara metode jigsaw dan Group Investigation terhadap Sikap Ilmiah Siswa. Kata kunci: pembelajaran ekonomi, jigsaw, group investigation, interaksi belajar siswa dan sikap ilmiah siswa

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 24 Mar 2017 22:59
    Last Modified: 24 Mar 2017 22:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32354

    Actions (login required)

    View Item